Rully Fauzi
Senin, 02 Desember 2019 | 18:15 WIB
Suasana laga Semen Padang vs Bali United pada laga pekan ke-30 Liga 1 2019 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin (2/12/2019) petang WIB. [Laman resmi Bali United]

Suara.com - Bali United memastikan diri keluar sebagai juara Liga 1 2019 meski masih menyisakan empat matchweek lagi.

Kepastian ini didapat usai Tim Serdadu Tridatu --julukan Bali United-- menumbangkan tuan rumah Semen Padang 2-0 pada laga pekan ke-30 di Stadion Haji Agus Salim, Padang, Senin (2/12/2019) petang WIB.

Striker andalan Bali United, Ilija Spasojevic muncul sebagai inspirator sekaligus pahlawan bagi timnya kali ini.

Bagaimana tidak, striker naturalisasi Indonesia yang baru-baru ini ditinggal sang istri untuk selamanya itu mencetak brace ke gawang Semen Padang.

Dengan kemenangan ini, Bali United kukuh di puncak klasemen Liga 1 2019 dengan torehan 63 poin dari 30 pertandingan yang telah dilakoni.

Raihan poin tersebut sendiri sudah tak mungkin lagi terkejar oleh sang pesaing terdekat, yakni Borneo FC yang berada di peringkat kedua (46 poin) meski kompetisi sejatinya masih tersisa empat pekan lagi. 

Jalannya Pertandingan

Jalannya laga di babak pertama berlangsung cukup berimbang. Baik Bali United maupun tuan rumah Semen Padang sama-sama memperagakan permainan cepat. 
 
Pada menit ke-22, Semen Padang mendapat peluang lewat tendangan jarak jauh Falvio Beck Junior. Namun, kegemilangan kiper Bali United Wawan Hendrawan berhasil menggagalkan peluang tersebut.
 
Tim Serdadu Tridatu kemudian mendapat peluang emas pada menit ke-43 lewat sundulan Yabes Roni.

Memanfaatkan umpan terukur dari sisi kanan, Yabes yang tidak terkawal menyambut bola dengan tandukan. Sayang seribu sayang, usaha Yabes kali ini tak menemui sasaran. 
 
Memasuki menit ke-45, kembali Bali United mendapat peluang lewat tendangan keras jarak jauh Spasojevic.

Namun, percobaan Spaso --sapaan akrab Spasojevic-- kali ini hanya menghasilkan sepak pojok setelah membentur salah satu pemain belakang Semen Padang.
 
Sampai dengan turun minum alias babak pertama usai, skor imbang 0-0 tetap bertahan.

Memasuki paruh kedua, Semen Padang mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu. Vanderlei Francisco menerobos ke sisi kanan area penalti, namun umpan tarik sang striker berhasil dihalau Dias Angga sebelum dapat diteruskan Flavio.

Melalui sebuah counter-attack cepat, Bali United akhirnya mampu membuka skor pada menit ke-51.

Spaso berhasil menuntaskan crossing dari Yabes di tiang jauh. Sundulan keras sang striker tak mampu dibendung kiper Semen Padang, Rendy Oscario.

Memasuki menit ke-68, Bali United asuhan pelatih Stefano Teco Cugurra punya kans bagus untuk memperlebar keunggulan mereka lewat aksi Stefano Lilipaly.

Gelandang serang andalan Timnas Indonesia itu melepas tembakan dari sisi kiri area penalti. Sayang, percobaan Lilipaly kali ini masih bisa dihentikan Oacario.

Semen Padang balas mengancam semenit berselang. Flavio mencoba mengancam dari luar kotak 16, tetapi sepakannya masih melambung dari gawang Bali United.

Gempuran tim tuan rumah terus berlanjut! Menit ke-71, Karl Max Barthelemy menyambar sebuah umpan silang dengan tandukan keras. Sayang, bola masih berhasil ditepis kiper Hendrawan.

Dua menit kemudian tim tuan rumah kembali mendapat kans emas untuk membuka skor, namun sepakan Irsyad sukses dimentahkan kiper Hendrawan.

Karl Max meraih peluang bersih keduanya pada partai ini. Pada menit ke-81, striker andalan Semen Padang itu melepas sepakan mendatar dari tepi kotak penalti, namun sayangnya masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Asyik menyerang membuat fokus para pemain belakang Semen Padang menurun. Bali United pun sukses menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-85.

Spaso kembali masuk scoresheet, di mana sang striker kali ini sukses mengoyak jala gawang Oscario pasca meneruskan crossing Sergio.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit, Bali United sukses mempertahankan keunggulan 2-0 mereka. Laskar Tridatu pun resmi mencetak sejarah dengan menjuarai Liga 1 untuk pertama kalinya!

Susunan Pemain

Semen Padang XI: Oscario, Gusmawan, Rifqi, Anwar, Hartono, Flavio, Yoku, Guntara, Irsyad, Mariando, Vanderlei.

Bali United XI: Hendrawan, Dias, Gunawan, Fajrin, Pacheco, Nouri, Fadil, Sergio, Spasojevic, Lilipaly, Yabes Roni.

Read more...