Syaiful Rachman
Jum'at, 17 Juli 2020 | 00:00 WIB
Gelandang belia Birmingham City, Jude Bellingham. [Laman resmi Birmingham City]

Suara.com - Kamis (16/7/2020), Jude Bellingham dilaporkan telah terbang ke Jerman untuk menjalani tes medis di Borussia Dortmund sebelum resmi merampungkan transfernya dari Birmingham City.

Meskipun Bellingham belum menandatangani kontrak profesional dengan Birmingham, diperkirakan klub Inggris tersebut akan mengantongi 26 juta poundsterling atau sekitar Rp476 miliar dari transfer tersebut.

Dilaporkan Sky Sports, pemain belia tersebut meninggalkan bandara Birmingham pada Kamis pagi (waktu Inggris) dengan jet pribadi jelang pemeriksaan medis.

Borussia Dortmund kabarnya memang sejak lama mendekati Bellingham. Setelah lebih dari dua tahun mengamati dan mengikuti perkembangan Bellingham, Dortmund akhirnya berhasil memboyong pemain yang baru menginjak usia 17 tahun itu.

Pemain Birmingham City, Jude Bellingham akan menjalani pemeriksaan medis di Dortmund.(Action Images/CRAIG BROUGH)

Untuk mendapatkan Bellingham, upaya Dortmund ternyata tidak mudah. Sejumlah klub besar di Liga Premier dan Eropa ternyata juga mengincar Bellingham.

Di antaranya Manchester United, Chelsea, Real Madrid dan Bayern Munich.

Beruntung bagi klub berjuluk Die Borussen, kapten timnas Inggris U-17 itu memilih merapat ke Signal Iduna Park karena sejarah panjang klub dalam mengembangkan talenta muda dan kebijakan mereka memberikan kesempatan pemain muda bermain di Bundesliga.

Manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer dipastikan bakal kecewa karena kehilangan gelandang box-to-box yang sangat berbakat tersebut.

United bahkan pernah mengundang Bellingham tur di tempat latihan klub dan bertemu dengan Sir Alex Ferguson.