Rauhanda Riyantama
Jum'at, 24 Juli 2020 | 15:04 WIB
Gelandang belia Birmingham City, Jude Bellingham. [Laman resmi Birmingham City]

Suara.com - Keputusan mengejutkan diambil oleh Birmingham City. Klub berjuluk itu Blues itu memensiunkan nomor punggung 22 milik bintang muda mereka Jude Bellingham yang baru saja hengkang ke Borussia Dortmund.

Jude Bellingham sendiri baru semusim bermain untuk Birmingham City sejak promosi ke tim utama. Pemain 17 tahun itu sukses menunjukkan penampilan yang ciamik, dengan catatan 44 penampilan serta mencetak empat gol.

Bakal besar Jude Bellingham pun tercium oleh Borussia Dortmund. Ia akhirnya dibeli dengan harga 25 juta pounds dan durasi kontrak lima tahun.

Birmingham City punya alasan tersendiri terkait keputusan tersebut. Mereka menilai Jude Bellingham telah menjelma jadi ikon tersendiri buat klub yang bermarkas di Stadion St Andrew's.

Jude Bellingham resmi gabung Borussia Dortmund. [Laman resmi Dortmund]

''Dalam waktu yang sangat singkat, Jude Bellingham telah menjadi sosok ikon di Blues, menunjukkan apa yang dapat dicapai melalui bakat, kerja keras, dan dedikasi,'' demikian pernyataan Birmingham City, dikutip dari laman resmi klub.

''Sikapnya yang hangat, rendah hati, dan menarik di luar lapangan juga membuatnya menjadi panutan yang baik. Jersey nomor punggung 22 ini sudah identik dengannya. Ia dipromosikan ke tim utama saat baru berusia 16 tahun dan 38 hari dengan kualitas-kualitas yang dimiliki,'' imbuhnya.

''Dengan demikian, klub telah memutuskan bahwa akan sangat layak untuk memensiunkan nomor punggung 22. Tujuannya untuk mengingat hahwa ia adalah salah satu milik kami sekaligus menginspirasi orang lain,'' tandasnya.

Kendati demikian, keputusan memensiunkan nomor punggung 22 milik Jude Bellingham mendapat kecaman dari fans sendiri. Banyak yang menilai pemain Timnas Inggris U-17 itu belum layak dikatakan sebagai ikon.

Jude Bellingham pun mengakhiri petualangannya bersama Birmingham City dengan pahit. Saat melawan Derby County pada pekan terakhir Divisi Championship di St Andrew’s, Rabu (22/7/2020), justru kalah dengan skor 3-1.