Reky Kalumata
Minggu, 18 Oktober 2020 | 05:19 WIB
Striker Getafe Jaime Mata merayakan golnya ke gawang Barcelona dari titik penalti saat lanjutan Liga Spanyol di Coliseum Alfonso Perez stadium, Getafe. GABRIEL BOUYS / AFP

Suara.com - Barcelona menelan kekalahan setelah tumbang 0-1 di kandang Getafe dalam laga Liga Spanyol di Stadion Coliseum Alfonso Perez, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB.

Sebuah eksekusi penalti dari Jaime Mata menjadi penentu kemenangan Getafe yang membuat mereka kini merangsek ke peringkat kedua klasemen Liga Spanyol dengan koleksi 10 poin.

Sedangkan Barcelona yang menelan kekalahan perdananya musim ini melorot ke urutan kesembilan setelah mengoleksi tuuh poin, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.

Jalannya Pertandingan

Ronald Koeman menjawab kritik yang dilontarkan Antoine Griezmann dengan memainkan penyerang Prancis itu pada posisi penyerang lubang.

Namun Griezmann tak mampu melunasi sesumbarnya ketika dia malah melepaskan tembakan melambung di atas mistar gawang kendati sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper David Soria setelah menerima umpan terobosan manis dari Frenkie de Jong pada menit ke-30.

Sepuluh menit sebelumnya, Lionel Messi melepakskan tendangan bagus yang sudah bisa menaklukkan Soria tetapi bola membentur tiang gawang.

Penampilan sabar Getafe berusaha membongkar celah pertahanan Barcelona terbayar ketika De Jong dianggap melanggar Djene Dakonam di area terlarang dan wasit Cesar Soto Grado segera menunjuk titik putih.

Kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Mata yang memperdaya kiper pelapis Barcelona Neto untuk membawa Getafe memimpin pada menit ke-56.

Koeman lalu memasukkan Ansu Fati dan Philippe Coutinho, masing-masing untuk Ousmane Dembele dan Pedri.