Bola / liga-inggris
Syaiful Rachman
Carlton Cole (kanan) berfoto bersama Manajer Persib Umuh Muhtar (kiri) usai jumpa pers di Bandung, Jawa Barat, Kamis (30/3/2017). ANTARA FOTO/Agus Bebeng

Suara.com - Liga Premier Inggris merupakan salah satu liga paling kompetitif di dunia. Namun demikian, tidak sedikit 'jebolan' Liga Premier yang justru gagal menampilkan kualitas ketika bermain di Indonesia.

Tak ada yang meragukan kepopuleran dan kompetitifnya Liga Premier Inggris. Bahkan, beberapa pemain terbaik dunia pun ingin mencicipi panasnya persaingan di kompetisi tersebut.

Dengan status tersebut, banyak pemain jebolan Liga Inggris yang menjadi primadona bagi klub-klub di negara lain, khususnya Asia.

Carlton Cole (kiri) dan Michael Essien saat keduanya masih memperkuat Persib Bandung. TIMUR MATAHARI / AFP

Pemain jebolan Liga Inggris yang pernah mencicipi kompetisi di Indonesia pun cukup banyak. Akan tetapi, mereka sulit beradaptasi dan gagal mengeluarkan kemampuan terbaik.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Diklaim Jadi Biang Masalah di Manchester United

Berikut ini empat pemain pemain jebolan Liga Premier yang gagal bersinar saat merumput di Indonesia?

1. Carlton Cole

Carlton Cole punya jam terbang yang cukup tinggi di pentas Liga Premier. Ia pernah membela Chelsea, West Ham United dan Aston Villa.

Pada Maret 2017, Persib Bandung mendatangkannya yang kala itu berstatus tanpa klub.

Namun apa daya, kemampuannya tak mampu ia tunjukkan dengan hanya mencetak 1 gol dari 5 laga sehingga dilepas 5 bulan kemudian.

Baca Juga: Duh! Kecewa dengan Performa Persib, Bobotoh Kompak Minta Robert Alberts Dipecat

2. Julien Faubert

Julien Faubert merupakan salah satu pemain yang kaya pengalaman di pentas Eropa. di Liga Premier Inggris, namanya melejit bersama West Ham United. Bahkan, setelahnya ia pernah membela Real Madrid.

Borneo FC pun mendatangkannya pada Januari 2018 dari FC Inter Turku. Sayang, ia hanya tampil sebanyak 15 kali dan didepak 6 bulan kemudian.

Eric Djemba Djemba (kanan) saat berseragam Manchester United. (JIM WATSON / AFP)

3. Eric Djemba Djemba

Eric Djemba Djemba juga punya pengalaman segudang di Liga Inggris di mana ia tercatat pernah membela Manchester United, Aston Villa, dan Burnley.

Namun pada 2015 ia didatangkan Persebaya Surabaya di mana dirinya diancam akan dicoret oleh pelatih Ibnu Grahan karena faktor kebugaran dan adaptasi. Parahnya lagi, ia sempat bermain Tarkam (Antar Kampung) di Banyuwangi pada 2015.

4. Lee Hendrie

Lee Hendrie datang ke Indonesia pada 2011 saat diboyong Bandung FC untuk gelaran Liga Primer Indonesia. Hal ini membuat banyak orang terkejut mengingat statusnya sebagai mantan pemain tim nasional Inggris.

Apalagi, Lee Hendrie punya catatan pernah membela tim-tim Liga Premier seperti Leicester City, Aston Villa, Stoke City dan Sheffield United.

Namun, pengalaman itu tak membuatnya bersinar dan hanya tampil sebanyak 16 kali untuk Bandung FC sebelum hengkang dan kembali ke Inggris.

[Penulis: Zulfikar Pamungkas]

Komentar