Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Sergio Ramos menghentikan Lionel Messi dalam laga El Clasico antara Real Madrid vs Barcelona. [AFP]

Suara.com - Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo merupakan dua pesepak bola yang paling menonjol dalam satu dekade terakhir.

Keduanya tak hanya mendulang sukses di level klub, tapi juga berbagai macam jenis penghargaan individu.

Sudah menjadi rahasia umum jika kemampuan Ronaldo dan Messi menjadi momok menakutkan bagi lini belakang lawan. Meski demikian ada beberapa bek yang tercatat mampu membuat Messi dan Ronaldo kerepotan. Siapa saja mereka?

Nampak dalam video yang beredar di twitter, mantan kapten Real Madrid itu menghampiri Messi yang sedang berada di ruang gym. [Twitter @Miduk17]

1. Sergio Ramos

Baca Juga: Argentina Menang, Lionel Messi Puji Emiliano Martinez Kiper Terbaik Dunia

Bek asal Spanyol ini memang lebih sering bertemu Messi sebagai lawan di laga El Clasico. Pertemuan keduanya terkadang membuat Messi kewalahan dan kalah, ada pula saat Ramos harus mengakui keunggulan Messi.

Uniknya, Ramos dan Messi kini sama-sama bermain untuk PSG. Sementara untuk Ronaldo, Ramos sempat membuat Ronaldo kewalahan di ajang Piala Eropa 2012. Ronaldo sama sekali tak bisa melepas tendangan ke gawang hingga akhirnya Portugal kalah 2-4.

2. Virgil van Dijk

Van Dijk memang kini dikenal sebagai salah satu bek tertangguh di dunia. Pertemuan dengan Ronaldo terjadi di UEFA Nations League 2018 di mana Van Dijk mampu meredam Ronaldo.

Sementara kemampuan Van Dijk meredam Messi terlihat di leg kedua semifinal Liga Champions 2018. Van Dijk mampu membuat Messi mati kutu hingga akhirnya mengalahkan Barcelona 4-0 dan lolos ke final berkat agregat 4-3.

Baca Juga: Mengejutkan, 5 Pesepak Bola Ini Masuk Nominasi Ballon d'Or 2021

3. Diego Godin

Usia Godin mungkin sudah tak lagi muda, 35 tahun, dan bermain untuk Cagliari di Serie A. Namun, saat masa keemasannya dulu di Atletico madrid, bek asal Uruguay ini kerap jadi momok buat Ronaldo dan Messi.

Dengan kemampuan bertahan yang apik dan postur tubuh yang ideal, tak jarang Godin membuat Messi dan Ronaldo tak berdaya.

Pemain Juventus Leonardo Bonucci berbincang dengan pemain Barcelona Lionel Messi usai pertandingan [AFP]

4. Leonardo Bonucci

Sebagai bek veteran, Bonucci juga dianggap salah satu bek tangguh di Italia dan Eropa. Dia pernah membuat Ronaldo tak berkutik pada semifinal Liga Champions 2014/15 dan membuat Real Madrid gagal lolos ke final.

Kemudian di musim lalu, Bonucci mampu membuat Messi dan Barcelona tak berdaya dengan menelan kekalahan 0-3 di laga fase grup.

5. Ashley Cole

Pertemuan Cole dengan Ronaldo terjadi saat CR7 masih membela Manchester United di Premier League. Beberapa kali Cole mampu membuat Ronaldo kewalahan saat saling berhadapan.

Sementara pertemuan Cole dan Messi paling berkesan terjadi saat Chelsea mengalahkan Barcelona di semifinal Liga Champions 2011/12.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar