Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Ekspresi penyerang Timnas Prancis, Kylian Mbappe usai timnya menjuarai UEFA Nations League 2020/2021. [FRANCK FIFE / AFP]

Suara.com - Gol yang dicetak Kylian Mbappe ke gawang Spanyol pada laga final UEFA Nations League 2020/2021 tak hanya membawa Timnas Prancis meraih gelar juara, tetapi juga mengundang kontroversi.

Gol berbau offside yang dicetak Kylian Mbappe itu membuat Prancis menang 2-1 atas Spanyol pada pertandingan final Nations League di San Siro, Milan, Italia, Senin (11/10/2021) dini hari WIB tadi.

Sebelumnya, Spanyol sukses unggul terlebih dahulu pada menit ke-64 lewat gol Mikel Oyarzabal. Namun, Karim Benzema sukses menyamakan kedudukan dua menit berselang.

Setelah kedudukan berimbang 1-1, Kylian Mbappe muncul sebagai pahlawan sekaligus penentu kemenangan Les Bleus --julukan Timnas Prancis.

Baca Juga: Lord Bendtner Jadi Pesakitan Pasca Gantung Sepatu, Mobil Disita dan Terancam Dibui

Gol yang dicetak penyerang Paris Saint-Germain berusia 22 tahun itu tercipta 10 menit menjelang waktu norma usai, atau tepatnya pada menit ke-80.

Namun, gol yang dicetak Mbappe mengundang perdebatan. Sebab, sang pemain itu tampak berdiri di posisi offside ketika menerima umpan terobosan dari Theo Hernandez.

Sebelum Theo melepaskan operan, sebetulnya tayangan ulang memang memperlihatkan Mbappe berada dalam posisi offside.

Namun, ada yang menyebut bahwa sentuhan yang dilakukan bek Timnas Spanyol, Eric Garcia, saat menghalau bola operan Theo membuat Mbappe menjadi onside. Apalagi, Mbappe juga tak mengganggu Eric Garcia saat menghalau bola. 

Pada permasalahan inilah, gol yang dicetak Mbappe itu mengundang perdebatan. Sebab, ada sejumlah pihak yang menilai bahwa gol tersebut tidak sah.

Baca Juga: Ronald Koeman di Ambang Pemecatan, Louis van Gaal Hujat Barcelona

Sementara itu, beberapa pihak lain mengatakan bahwa gol itu sah karena pergerakan Mbappe dinilai minimalis dan tak melakukan gangguan apa pun terhadap Garcia.

Terlepas dari semua perdebatan itu, wasit nyatanya tidak menganulir gol tersebut dan tetap menganggapnya sebagai gol yang sah setelah sempat melihat peristiwa tersebut secara detail melalui VAR.

Setelah gol dianggap sah, Timnas Prancis pun sukses mempertahankan keunggulan ini dan mereka meraih gelar UEFA Nations League edisi kedua.

Pelatih Timnas Spanyol, Luis Enrique pun angkat bicara menanggapi gol kontroversial yang membuat La Furia Roja tumbang pada laga tersebut.

Enrique merasa kesal dengan keputusan wasit. Sebab, dia meyakini sepenuhnya apabila Mbappe berada dalam posisi offside.

"Bagi saya, gol itu tampak jelas seperti offside. Namun, saya tidak mau berbicara mengenai apa pun yang tidak dapat saya kendalikan," ujar Enrique dikutip dari football-espana, Senin (11/10/2021).

"Hal ini jelas meninggalkan perasaan yang tidak enak. Pasalnya, saya harus melihat wajah sedih anak asuh saya dan seluruh penggemar Timnas Spanyol," tukas sang entrenador.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar