Bola / bola-indonesia
Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Selebrasi Melvin Ramai Rumakiek setelah menjebol gawang Taiwan (dok. pssi.org)

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengaku wonderkid Persipura Jayapura, Ramai Rumakiek adalah salah satu pilihan terbaiknya. Terbukti, sang pemain langsung membayar kepercayaan yang diberikan juru formasi asal Korea Selatan tersebut.

Shin Tae-yong memilih Ramai setelah melihat performanya bersama Persipura di BRI Liga 1 2021/2022. Meski minim pengalaman tak membuat Shin Tae-yong ragu dengan kualitas yang dimiliki Ramai Rumakiek.

Bahkan, Ramai Rumakiek langsung diberi debut saat Timnas Indonesia jumpa Taiwan pada play-off Kualifikasi Piala Asia 2023 pada 7 Oktober lalu sebagai starter. Di pertandingan pertamanya bersama tim nasional, ia bahkan mencetak gol membantu Timnas Indonesia menang, 2-1 di leg pertama.

Di leg kedua Ramai Rumakiek memang tidak tampil sejak menit awal. Namun, ia tetap dipercaya Shin Tae-yong turun sebagai pengganti.

Baca Juga: Tiba di Tajikistan, Timnas Indonesia Langsung Berlatih

"Rumakiek adalah pemain yang saya temukan di Liga 1 Indonesia. Saya memilihnya dan dia menjalani perannya dengan baik," kata Shin Tae-yong dikutip dari media Korsel, khan. Kamis (14/10/2021).

Selain Rumakiek, ada dua debutan lain yang mencuri perhatian di Timnas Indonesia. Mereka adalah Miftah Anwar Sani dan Ricky Kambuaya.

Miftah bisa memberikan satu assist untuk gol yang dibuat Rumakiek. Sementara Ricky berhasil ciptakan gol saat Timnas Indonesia menang 3-0 di leg kedua melawan Taiwan pada 11 Oktober lalu.

Shin Tae-yong mengaku kini lebih leluasa dalam memilih pemain-pemain pilihannya karena sudah adanya kompetisi. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala 2018 itu menyebut banyak talenta berbakat yang ditemukannya.

"Liga yang sempat dihentikan karena pandemi Covid-19 telah kembali dilanjutkan. Kali ini kami melakukan observasi langsung dalam memilih pemain. Tidak direkomendasikan oleh asosiasi," terang Shin Tae-yong.

Baca Juga: FK Senica Pamer Kehebatan Egy Maulana Vikri Bareng Timnas Indonesia

"Para pemain Indonesia, secara umum punya kemampuan yang sangat baik. Ada kemungkinan bisa berkembang dengan penambahan tekad dan detail-detail lainnya," pungkasnya.

Komentar