Bola / bola-indonesia
Reky Kalumata | Adie Prasetyo Nugraha
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan keterangan kepada pewarta di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (23/11/2021). ANTARA/Michael Siahaan

Suara.com - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menginginkan Timnas Indonesia bisa menjuarai Piala AFF 2020 agar sejarah tercipta. Sebab, Indonesia belum sekalipun menjuarai turnamen sepakbola paling bergengsi di Asia Tenggara itu.

Piala AFF 2020 akan bergulir mulai 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022. Adapun Timnas Indonesia berada di Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Kamboja, dan Laos.

Sebanyak 30 pemain diboyong oleh Pelatih Timnas Indonesia, Shin tae-yong buat mengikuti kejuaraan tersebut. Termasuk nama-nama yang berkarier di Eropa seperti Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, dan Elkan Baggott ikut serta.

Timnas Indonesia menjalani latihan di Antalya, Turki, pada Jumat (12/11/2021). [Dok.Antara]

"Sudah terlalu lama kita tidak menjadi juara. Kini saatnya kita menjadi yang terbaik. Mari kita doakan yang terbaik agar pemain timnas Indonesia bisa menjadi juara di Piala AFF kali ini," kata Iriawan dalam keterangan resmi PSSI, Rabu (1/12/2021).

Baca Juga: Ada Egy Maulana Vikri, Berikut Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2020

Lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu melihat komposisi pemain pilihan Shin Tae-yong sangatlah bagus. Dengan dipadukannya pemain senior dan muda, ia yakin masa depan sepakbola Indonesia bakal cerah.

"Ini kombinasi pemain yang bagus. Rata-rata usia skuad ini masih muda. Masa depan tim ini saya yakin akan cerah," terang mantan Kapolda Metro Jaya itu.

"Setelah menjalani laga persahabatan dan melakukan pemusatan latihan di Turki, performa timnas terus meningkat."

"Itu laporan Shin Tae-yong dan Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri kepada saya. Mereka sudah siap tempur untuk memberikan yang terbaik buat bangsa dan negara ini," pungkasnya.

Seperti diketahui, Indonesia memang belum sekalipun menjuarai Piala AFF 2020. Prestasi terbaik skuad Garuda hanyalah mencapai runner-up.

Baca Juga: Anggota Exco PSSI Jelaskan Dokumen Persyaratan bagi 4 Calon Pemain Naturalisasi

Sementara di level Asia Tenggara, terakhir kali Timnas Indonesia juara adalah pada SEA Games 1991. Tentu ini bakal menjadi kebanggan andai tim Merah Putih menjadi juara Piala AFF edisi tahun ini.

Komentar