Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Gestur pelatih Napoli, Luciano Spalletti pada laga Liga Italia. [AFP]

Suara.com - Napoli semakin terlihat kepayahan dalam persaingan Scudetto musim ini. Setelah melakoni start fenomenal di Liga Italia 2021/2022, Napoli telah menelan tiga kekalahan dari lima laga pamungkas mereka.

Ini termasuk kekalahan beruntun di dua laga terakhir, termasuk keok di kandang sendiri saat menjamu Empoli, Senin (13/12/2021 dini hari WIB tadi.

Napol tumbang 0-1 di Stadio Diego Armando Maradona, Naples, berkat gol tunggal Patrick Cutrone untuk Empoli pada menit ke-70.

Meski mendominasi penuh jalannya pertandingan, dengan 30 percobaan tembakan dan penguasaan bola mencapai 61 persen, Napoli tampil tumpul, minim kreativitas dan akhirnya menyerah di kandang sendiri.

Baca Juga: Menang di Kandang Verona, Gasperini Puji Mental Skuad Atalanta

Terkait tren negatif timnya ini, pelatih Napoli, Luciano Spalletti mengaku kecewa berat. Meski demikian, allenatore berkepala plontos itu menolak panik.

"Kami seharusnya tak hanya menjaga penguasaan bola, tapi juga mengoper bola dengan cepat. Kami harus berjuang lebih keras, kami harus banyak berlari dan membakar energi. Saat ini, banyak pemain lelah dan kami membutuhkan pekan yang menguntungkan," ucap Spalletti soal penampilan timnya lawan Empoli.

"Ini tentu mengecewakan kalah di kandang sendiri, sangat-sangat mengecewakan. Tapi, kami tak akan panik. Kami harus bisa segera bangkit dari situasi sulit saat ini," sambung pelatih berusia 62 tahun yang juga pernah menukangi AS Roma dan Inter Milan itu.

Badai cedera tentu jadi salah satu faktor menurunnya performa Napoli. Pemain-pemain pilar macam Victor Osimhen, Fabian Ruiz, Kalidou Koulibaly dan Stanislav Lobotka harus absen.

Sialnya, di laga berikutnya Napoli harus bertandang ke markas tim kuat AC Milan pada akhir pekan nanti.

Baca Juga: Real Madrid Menangi Derby, Berikut Klasemen Liga Spanyol

Namun bagi Spalletti, pertandingan lawan Milan di San Siro bakal jadi kesempatan anak-anak Partenopei --julukan Napoli-- untuk membayar kesalahan di beberapa partai terakhir.

"Ini adalah kesempatan besar bagi kami karena kami dapat memperbaiki beberapa hal. Akhirnya, kami memiliki pelatihan sepekan penuh ke depan," tutup Spalletti soal jadwal padat yang dijalani timnya, seperti dilansir football-italia, Senin (13/12/2021).

Kekalahan dari Empoli ini sendiri membuat Napoli melorot ke peringkat keempat tabel klasemen Liga Italia 2021/2022 dengan raihan 36 poin dari 17 pertandingan, di bawah Atalanta (37 poin), AC Milan (39 poin) dan Inter Milan (40 poin).

Komentar