Bola / liga-spanyol
Rully Fauzi
Gelandang belia Barcelona, Gavi. [Pau BARRENA / AFP]

Suara.com - Barcelona siap melakoni partai tunda pekan keempat Liga Spanyol 2021/2022 dengan bertandang ke markas Sevilla, Rabu (22/12/2021) dini hari WIB nanti. Jelang laga ini, pelatih Barca Xavi memuji habis barisan pemain muda di skuadnya.

Sang entrenador semringah melihat banyak pemuda jebolan dari La Masia memperkuat tim utama Barcelona saat ini. Dan tak hanya sekadar bermain di tim senior, namun para pemain muda ini bisa dibilang juga sudah menjadi pilar tim bagi Barca.

Meski penampilan Barcelona masih inkonsisten di sepanjang musim ini, namun menurut Xavi pemain-pemain belia ini bisa terus bermain oke dan stabil.

Akhir pekan kemarin misalnya, saat Barcelona akhirnya meraih poin penuh lagi setelah melalui tiga laga terakhir lintas kompetisi tanpa kemenangan.

Baca Juga: Januari 2022, Edinson Cavani Siap Merapat ke Barcelona dengan Syarat Ini

Barcelona mengalahkan tamunya, Elche dengan skor 3-2 di Camp Nou dalam laga pekan ke-18 Liga Spanyol 2021/2022.

Ketiga gol Barcelona dicetak winger Ferran Jutgla Blanch yang berusia 22 tahun, gelandang sentral Gavi (17) dan gelandang tengah Nico Gonzalez (19).

Jelang menghadapi Sevilla, Xavi kembali meng-highlight penampilan apik barisan pemain mudanya.

Sang pelatih memberikan pujian setinggi langit, terutama untuk Gavi, pemain belia yang kini juga sudah reguler dipanggil ke Timnas Senior Spanyol.

"Anda hanya bisa mengangkat topi untuk penampilan dari Gavi musim ini. Dia masih bisa berkembang, tentu saja. Tapi untuk ukuran pemain seusianya, saya pikir dia sangat konsisten dan itu luar biasa," ucap Xavi seperti dilansir football-espana.

Baca Juga: Prediksi Sevilla vs Barcelona di Liga Spanyol Malam Ini, 22 Desember 2021

Pelatih Barcelona, Xavi. [Christof STACHE / AFP]

"Spektakuler melihat bagaimana dia bermain. Tak hanya lawan Elche, tapi juga sebelum-sebelumnya. Bersama Nico, Abde (Ezzalzouli), (Ronald) Araujo, (Alejandro) Balde, mereka adalah masa depan klub," sambung mantan gelandang andalan Barcelona itu.

“Saya bermain di sini ketika saya berusia 18 tahun dan saya takut. Tapi, pemain-pemain ini penuh dengan kepribadian. Senang rasanya melihat banyak pemain dari La Masia kini ada di tim utama, mengenakan seragam Barcelona dan bertarung demi kehormatan klub."

"Barcelona memang selalu soal ini, pemain-pemain dari akademi naik ke tim senior. Ini sudah tradisi."

"Saya senang dengan generasi ini, Gavi sangat menarik. Yang paling mengejutkan tentang Gavi adalah usianya. Dia baru 17 tahun, tapi lihat bagaimana dia bersaing. Melawan Elche kemarin, dia membuat perbedaan dengan gol dan assist. Impaknya luar biasa," tandas Xavi.

Komentar