Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Para pemain Persebaya Surabaya merayakan gol Marselino Ferdinand saat menghadapi Barito Putera dalam pekan ke-15 BRI Liga 1 2021/2022 di Stadion Manahan, Solo, Sabtu (4/12/2021) malam WIB. [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Suara.com - Persebaya Surabaya memperpanjang rekor tidak terkalahkan mereka di BRI Liga 1 2021/2022 setelah mengalahkan PSM Makassar 2-0 di pekan ke-19 yang digelar di Stadion Ngurah Rai, Bali, Jumat (14/1/2022) malam WIB.

Tambahan tiga poin mengantar Persebaya naik ke posisi tiga menyingkirkan Persib Bandung. Total, Bajul Ijo --julukan Persebaya-- sudah mengumpulkan 39 poin.

Selisih satu poin dari Bhayangkara FC dan Arema FC yang berada di posisi dua dan satu.

Sementara bagi PSM Makassar, kekalahan ini memaksa mereka bertahan di papan tengah. Juku Eja --julukan PSM Makassar-- saat ini ada di peringkat 11 dengan perolehan 23 poin.

Baca Juga: Tak Ingin Lagi Dikalahkan Tim Papan Bawah, Persija Enggan Remehkan Persela Lamongan

Sejak dimulainya laga, Persebaya langsung menekan pertahanan PSM Makassar. Terbukti, tim asuhan Aji Santoso berhasil cetak gol pada menit ketiga lewat titik penalti.

Taise Marukawa yang dipercaya sebagai algojo sukses memasukan bola ke dalam gawang PSM Makassar, sekaligus membuat skor menjadi 1-0.

PSM yang tertinggal berusaha menyamakan kedudukan. Namun, tidak banyak peluang yang didapat, Wiljan Pluim dan kawan-kawan justru mendapat tekanan.

Alhasil, sampai dengan turun minum skor 1-0 untuk Persebaya tidak berubah.

Di awal babak kedua Persebaya langsung menekan. Percobaan terus dilakukan hingga lahirnya gol pada menit 56 dan membuat skor menjadi 2-0.

Baca Juga: Main di Indonesia Eks Pemain Chelsea Michael Essien Disorot Media Inggris, Persib Bandung Disebut Klub Antah Berantah

Marselino Ferdinan mencetak gol indah setelah menerima umpan terobosan Taise Marukawa. Wonderkid Persebaya itu mencetak gol dengan tendangan tidak terlalu keras, namun terarah.

PSM berhasil memperkecil ketertinggalan di menit 83. Memanfaatkan kemelut di depan gawang, bola yang membentur tiang gawang diceploskan ke dalam gawang oleh Wiljan Pluim.

Ketika pertandingan tersisa hanya 10 menit, Juku Eja makin gencar menekan pertahanan Persebaya. Ricky Kambuaya dan kawan-kawan dibuat bertahan oleh para pemain PSM.

Akan tetapi hingga peluit tanda berakhirnya dibunyikan skor 2-1 untuk Persebaya Surabaya tetap bertahan.

Susunan Pemain:

Persebaya Surabaya: Andhika Ramadhani; Ady Setiawan, Arif Satria, Rizky Ridho, Reva Adi (frank Sokoy 86'), Alwi Slamat (Frank Sokoy 56'), M Hidayat (Ricky Kambuaya 56'), Bruno Moreira, Marselino Ferdinan (Rendi Irwan 86'), Samsul Arif (Arsenio Valpoort 65'), Taisei Marukawa.

Pelatih: Aji Santoso.

PSM Makassar: Hilman Syah; Dallen (Zulkifli Syukur 79'), Ganjar Mukti, Hasim Kipuw (Adam Mitter 63'), Abdul Rahman, Arfan, Sutanto Tan (delvin Rumbino 46'), Pluim, Anco Jansen, Ferdinan Sinaga, Yakob Sayuri (Rizky Eka 63').

Pelatih: Jakob Freerk Gall.

Komentar