Health / konsultasi
Silfa Humairah Utami | Dini Afrianti Efendi
pelatihan senam kesehatan oleh Neurobion di Kebayoran. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Suara.com - Mengenal Senam Neuromove, Ampuh Buat Pikiran Lebih Fokus.
 
Senam termasuk jenis olahraga yang menyenangkan, karena biasanya dilakukan dengan iringan musik. Senam juga beragam jenisnya dan disesuaikan dengan manfaatnya. 

Baru-baru ini dikenal Senam Neuromove, jenis senam yang ampuh merawat dan memperbaiki sel-sel saraf. Selayaknya senam pada umumnya, senam ini terdiri dari pemanasan, gerakan inti, latihan keseimbangan dan pendinginan.

"Senam neuromove ini dapat menjadi alternatif pencegahan neuropati yang mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja," ujar Dokter Spesialis Kedokteran Olaharaga  dr Ade Tobing, SpKO dalam acara pelatihan senam kesehatan oleh Neurobion di Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (3/9/2019).

Dokter Spesialis Kedokteran Olaharaga  dr Ade Tobing, SpKO dalam acara pelatihan senam kesehatan oleh Neurobion di Kebayoran. (Suara.com/Dini Afrianti Efendi)

Neuropati adalah kerusakan saraf tepi yang ditandai dengan gejala kebas dan kesemutan sehingga bisa menurunkan kualitas hidup penderitanya. Duduk di posisi yang sama selama berjam-jam, mengendarai motor dalam waktu lama tanpa diimbangi latihan fisik juga memicu terjadinya neuropati.

Baca Juga: Zodiak 2 September 2019: Jarang Olahraga Libra Emosian, Leo Perlu Meditasi

Gejala umum neuropati ringan ditandai kram otot, sciatica atau Carpal Tunnel Syndrome. Di sinilah tubuh harus bergerak, dan senam neuromove ini salah satu jawabannya.

"Peran para instruktur senam ini sangat penting untuk memperluas edukasi masyarakat secara langsung, mengenai neuropati dan senam Neuromove," tutur Dr Ade.

Uniknya gerakan senam yang dibuat Dr Ade ini tidak begitu rumit, hanya memainkan pola gerakan menyilang antara bagian kanan dan bagian kiri, untuk menyeimbangkan saraf otak dan kiri yang membuat otak lancar.

Senam Neuromove cukup dilakukan tiga kali dalam seminggu, dengan masing-masing durasi minimal 30 menit, maka manfaatnya fokus akan bertambah, tubuh rileks, dan tidak mudah lupa.

Baca Juga: Jadi Duta Jantung Indonesia, Mikha Tambayong Kampanyekan Gemar Olahraga

Komentar