Health / konsultasi
Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Ilustrasi madu dan lemon. (Shutterstock)

Suara.com - Kehilangan indra penciuman dan rasa adalah tanda paling umum dari Covid-19. Sayangnya kondisi ini sering dilaporkan tetap bertahan meski Anda sudah sembuh dari Covid-19. 

Kabar baiknya adalah Anda dapat menggunakan beberapa pengobatan rumahan untuk mengembalikan pembauan dan rasa. Melansir dari Healthshots, berikut adalah lima pengobatan rumahan untuk mengembalikan indra perasa dan penciuman Anda kembali normal setelah Covid-19, antara lain: 

1. Minyak jarak

Menurut dokter Ankita Gupta, ahli Ayurveda dari Birla Ayurveda, India menunjukkan bahwa minyak jarak mungkin bisa membantu. 

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Lampung Bertambah 441 Kasus, Lima Daerah Zona Merah

"Taruh satu tetes minyak jarak hangat di setiap lubang hidung. Lakukannya dua kali sehari untuk hasil terbaik. Praktik ini bermanfaat dalam menghilangkan peradangan," kata Dr Ankita Gupta.

Ilustrasi bawang putih. (Pexels.com/Cats Coming)

2. Bawang putih

Tambahkan 2 hingga 3 buah bawang putih cincang ke dalam secangkir air. Rebus bahan dalam panci. Setelah campuran mendingin, saring sepenuhnya dan minum. 

Sifat anti-inflamasi dari senyawa bawang putih dapat membantu mengobati hidung tersumbat.

3. Lemon

Baca Juga: CEK FAKTA: Gibran Rakabuming Raka Lumpuh Total Akibat Covid-19, Istana Banjir Tangis

Tambahkan lemon dan madu ke dalam segelas air. Anda bisa langsung meminum campuran ini. Minuman ini memiliki aroma jeruk yang kuat. Khasiat kedua bahan ini dapat membantu mengembalikan rasa dan bau.

Komentar