Health / women
Yasinta Rahmawati
Dorce Gamalama [Suara.com/Ismail]

Suara.com - Dorce Gamalama atau yang akrab dengan sapaan Bunda Dorce dikabarkan sedang dirawat secara intensif di ruang ICU. Ia dilarikan ke rumah sakit Primaya, kota Bekasi, Jawa barat pada Kamis (7/10/2021).

Sebelumnya, wanita berusia 58 tahun itu sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit. Lantaran kondisinya membaik, Dorce Gamalama diperbolehkan pulang.

Tapi tiba di rumah kondisi Dorce malah memburuk. Untuk itu, keluarga membawanya lagi ke rumah sakit. Kondisi Dorce Gamalama saat ini sudah tak kritis, tapi masih drop.

Kata anak angkat Dorce Gamalama, Siti Khadijah, sang ibu sudah mengidap diabetes sejak lama namun selama ini tak pernah mengeluh sakit. Tapi baru setahun terakhir, Bunda Dorce mulai merasakan dampak di kesehatannya.

Baca Juga: Dorce Gamalama Tak Sadarkan Diri di ICU, Keluarga Minta Doa

"Baru beberapa tahun ini muncul keluhan. Jadi baru-baru ini ngedrop banget," katanya, saat ditemui di rumah sakit Primaya, kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat (8/10/2021).

Anak angkat Dorce Gamalama, Siti Khadijah (tengah) [Suara.com/Muhammad Anzar Anas]

Bagi penderita diabetes, mengubah gaya hidup lebih sehat menjadi keharusan, di samping menaati pantangan makanan dan minuman.

Dirangkum dari WebMD, Anda dapat mengelola diabetes dengan berfokus pada lima perubahan utama dalam kehidupan sehari-hari, yakni:

1. Makan sehat

Memiliki diabetes seharusnya tidak menghalangi Anda untuk menikmati berbagai makanan. Namun cobalah untuk memperbanyak porsi sayuran, buah-buahan, biji-bijian dalam konsumsi harian, dan pastikan Anda tidak banyak mengonsumsi makanan yang diproses.

Baca Juga: Kritis, Dorce Gamalama Dikabarkan Tak Sadarkan Diri di RS Primaya

Selain itu, batasi makanan yang tinggi gula dan lemak serta jaga porsi sama dari waktu makan ke makan.

2. Aktivitas fisik

Tidak harus membuat member gym dan ikut kelas aerobik, olahraga seperti jalan kaki atau naik sepeda pun cukup.

Targetnya adalah aktivitas 30 menit yang membuat Anda berkeringat dan bernapas sedikit lebih keras hampir setiap hari dalam seminggu.

Gaya hidup aktif membantu Anda mengontrol diabetes dengan menurunkan gula darah.

Ilustrasi Berjalan Kaki (Pexels/Yogendra)

3. Pemeriksaan berkala

Temui dokter secara teratur, setidaknya dua kali setahun. Diabetes meningkatkan kemungkinan Anda terkena penyakit jantung, jadi selalu pantau angka kolesterol, tekanan darah, dan A1c (gula darah rata-rata selama 3 bulan).

4. Mengelola stres

Stres dapat meningkatkan gula darah dan membuat Anda kurang sensitif terhadap insulin. Jadi coba temukan cara untuk menghilangkan stres, seperti berolahraga, menghabiskan waktu bersama teman, bermeditasi, atau mengganti pikiran negatif dengan pikiran positif. Lakukan apa pun yang berhasil untuk Anda.

5. Berhenti merokok

Diabetes membuat Anda lebih mungkin untuk memiliki masalah kesehatan seperti penyakit kronis lain. Jika penderita diabetes merokok, risiko terkena penyakit lain bahkan lebih tinggi. Merokok juga dapat membuat lebih sulit untuk berolahraga.

Komentar