Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno meresmikan Rumah Siap Kerja kedua yang dibangun di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019). Sebelumnya, ia membuka Rumah Siap Kerja pertama di Jakarta. [Suara.com/Sri Handayani]

Suara.com - Cawapres nomor urut 2 Sandiaga Uno meresmikan Rumah Siap Kerja kedua yang dibangun di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (23/3/2019). Sebelumnya, ia membuka Rumah Siap Kerja pertama di Jakarta.

"Ini hari yang bersejarah. Tujuh hari setelah peluncuran di Jakarta, Rumah Siap Kerja hadir di Yogyakarta, khususnya Kabupaten Sleman," kata Sandiaga.

Menurut Sandiaga, ini merupakan pengembangan kegiatan One Kecamatan One Center of Enterpreneurship alias OK OCE. Program ini diyakininya mampu mencetak 2 juta pengusaha baru dalam lima tahun, yaitu 2019 hingga 2024.

Rumah Siap Kerja, kata Sandiaga, merupakan pelayanan satu pintu untuk anak muda yang ingin terlepas dari pengangguran. Para pencari kerja diharapkan datang ke Rumah Siap Kerja untuk mencari lowongan.

Mereka nantinya mendapatkan informasi, arahan, dan bimbingan. Hingga kekinian, sudah ada sekitar enam perusahaan yang bekerja sama dengan program ini. Para pencari kerja yang mendaftar tidak dipungut biaya. 

Rumah Siap Kerja juga ditargetkan menjadi ruang berkumpul bagi anak muda. Fasilitas ini akan   dilengkapi co-working space dan arena kegiatan olahraga kecil, misalnya memanah dan pingpong.

Sandiaga menargetkan, para pendaftar  akan memperoleh kerja dalam waktu maksimal  empat pekan.  "Mestinya menurut saya yang paling ideal  itu antara dua minggu sampai maksimal empat minggu dapat penempatan," kata dia. 

Kontributor : Sri Handayani