Lifestyle / male
Angelina Donna
5 Pertanyaan Wawancara Kerja dan Cara Menjawabnya

Suara.com - Seringkali kita merasa gugup saat menghadapi sesi wawancara kerja. Meskipun Anda tidak bisa memprediksi setiap pertanyaan yang akan Anda tanyakan terutama beberapa dari orang-orang asing ada banyak pertanyaan yang akan ditanyakan dalam kebanyakan wawancara yang Anda lakukan.

Jadi, untuk membantu Anda mempersiapkan wawancara kerja berikutnya, berikut lima pertanyaan umum dan beberapa tips tentang cara terbaik untuk menjawabnya:

1. Ceritakan tentang diri Anda?
Pertanyaan "ceritakan tentang diri sendiri" sering diajukan sebagai pertanyaan pertama dalam sebuah wawancara sebagai pemecah kebekuan. Meski terkesan sederhana,  jika tidak ditangani dengan benar, bisa jadi menjadi bencana.

Pertanyaan ini bukanlah kesempatan untuk memberi tahu pewawancara keseluruhan kisah hidup, riwayat keluarga atau daftar panjang suka dan tidak suka. Yang harus Anda lakukan adalah membicarakan beberapa hal yang relevan dengan pekerjaan seperti bagaimana Anda berada dalam karier Anda saat ini, keahlian dan hasrat Anda terhadap pekerjaan Anda.  Jika pewawancara menginginkan lebih banyak informasi, mereka akan memintanya.

Untuk membantu Anda mempersiapkannya, tuliskan jawaban singkat dua menit untuk pertanyaan ini dan kemudian berlatih dengan keras sampai Anda mengetahuinya dengan hati. Anda akan membuat kesan pertama yang hebat.

2. Mengapa Anda tertarik untuk bekerja untuk organisasi ini?
Pertanyaan ini mengetahui apakah Anda akan menerima pekerjaan jika ditawarkan kepada Anda dan berapa lama Anda akan bertahan.

Meskipun mungkin terdengar seperti sebuah kesempatan untuk membicarakan diri Anda sendiri, sebenarnya ini saatnya menunjukkan kepada calon atasan Anda seberapa banyak Anda mengenalnya.

Dengan pemikiran ini, mengungkapkan semangat dan kegembiraan Anda untuk bekerja dalam organisasi khusus ini adalah suatu keharusan. Hindari jawaban samar seperti 'sepertinya tempat yang bagus untuk bekerja', dan spesifikasinya.

Lakukan penelitian Anda sehingga Anda akan tahu tentang berbagai proyek yang melibatkan organisasi, siapa klien mereka dan rencana mereka untuk masa depan.

3. Apa kelemahan Anda?
Bagian tersulit dari jawaban pertanyaan ini sebenarnya adalah mengidentifikasi kelemahan Anda dan bagaimana Anda akan mengatasinya. Inilah yang perlu Anda lakukan untuk mempersiapkan jawaban yang bagus: