Suara.com - Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang secara teratur dapat meningkatkan kesehatan sperma.
Ini menjadi kabar baik di tengah maraknya pemberitaan mengenai penurunan kualitas sperma akibat dari polusi, merokok dan diet.
Menurut sebuah hasil penelitian, satu dari tujuh pasangan mengalami kesulitan untuk hamil dan sekitar 40-50 persen kasus infertilitas terjadi karena rendahnya kualitas sperma lelaki.
Lewat penelitian ini, ilmuwan secara acak membagi 119 lelaki sehat antara usia 18 hingga 35 ke dalam dua kelompok, yaitu kelompok yang mengonsumsi 60 gram kacang sehari dan satu kelompok yang tidak mengonsumsi kacang.
Mereka yang mengonsumsi kacang terlihat memiliki sperma yang lebih baik dengan hitungan 14 persen vitalitas, 4 persen motilitas, 6 persen morfologi lebih tinggi.
Para ahli mengatakan, penelitian ini mendukung hasil penelitian lain yang menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan kaya asam lemak omega-3, antioksidan dan vitamin B folat dapat meningkatkan kesuburan.
"Bukti terakumulasi dalam literatur bahwa perubahan gaya hidup sehat seperti mengikuti pola diet yang sehat dapat membantu konsepsi," kata pemimpin penelitian, Dr Albert Salas-Huetos dari Universitat Rovira i Virgili di Spanyol.
Meski begitu, bukan berarti penelitian ini tidak memancing kritik. Allan Pacey, seorang profesor andrologi dari Universitas Sheffield yang tidak terlibat dalam penelitian ini mengatakan, bisa jadi para lelaki dalam kelompok kacang telah mengikuti perubahan positif lain dalam hidup mereka yang tidak masuk hitungan penelitian.
Hasil penelitian ini sendiri telah dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Society of Human Reproduction and Embryology di Barcelona beberapa saat lalu. [BBC]
Baca Juga: Diet Kacang - kacangan Bisa Mendongkrak Kualitas Sperma Lho!
Berita Terkait
Terpopuler
- TNI Mau Ambil Alih Kamtibmas? TB Hasanuddin: Itu Tugas Polri
- Cara Menata Isi Dompet yang Baik Menurut Feng Shui agar Rezeki Lebih Lancar
- 6 Tanda-Tanda Rumah Memiliki Energi Positif Chi yang Membuat Penghuni Tenang
- 5 Sunscreen untuk Flek Hitam Usia 30 Tahun ke Atas Sesuai Review dan Harga
- Media Italia Sebut Jay Idzes Masuk Radar PSG: Transfer Mewah untuk Sassuolo
Pilihan
-
Hadiri Sidang Tahunan, Intip Gaya Prabowo dan Gibran saat Tiba di Gedung Parlemen Senayan
-
Kampung Bahari Memanas! Massa Lawan BNN dan Brimob Pakai Petasan saat Gerebek Narkoba
-
Sudah Dibangun Sejak 2023, Sejauh Mana Bibit Sriwijaya Kemampo Pulihkan Hutan Sumsel?
-
Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
-
100 Personel Damkar Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran Gedung Bapenda DKI
Terkini
-
KPK Bongkar Jejak Restitusi Pajak Rp 48,3 Miliar dalam Kasus Suap KPP Banjarmasin
-
Punya Potensi Besar, Mengapa Ketahanan Pangan Indonesia Belum Optimal?
-
Prabowo Kecam Keras Korupsi MBG, Sebut Pelakunya Orang-Orang Biadab
-
Novel White Wedding: Ketika Warna Putih Menjadi Simbol Luka dan Kebahagiaan
-
Susunan Acara Malam Tirakatan 17 Agustus, Lengkap dan Mudah Dipraktikkan
-
SBY Absen di Sidang Tahunan 2026, AHY Ungkap Kondisi Kesehatan Sang Ayah di Luar Negeri
-
Prabowo: Indonesia Anggota G20, Tak Pantas Masih Ada Rakyat yang Lapar
-
Hadapi Demokrasi Mahal dan Krisis Iklim, DPD Usung Gagasan Green Democracy
-
Beda Sepeda Frame Alloy dan Hi-Ten Steel: Mana yang Lebih Ringan dan Tangguh?
-
Kinerja Mentereng Bawa BBRI Raih Peringkat Tinggi di Fortune 100