Lifestyle / komunitas
Rima Sekarani Imamun Nissa
Latihan fisik atau gerakan plank dengan siku, dapat membantu mencegah perut buncit. (Shutterstock)

Suara.com - Lingkar pinggang yang terus membesar dan tidak terkontrol bisa menjadi masalah bagi banyak orang. Berbagai cara mengecilkan pinggang bisa dilakukan, dari mulai aktivitas fisik yang lebih intens hingga perubahan pola makan.

Berikut beberapa tips gerakan sederhana tentang cara mengecilkan pinggang yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Torso Twist Stretch

Gerakan ini cukup sederhana, yakni dengan meregangkan dan memutar bagian torso dari tubuh Anda. Anda bisa mengambil sikap duduk santai, kemudian regangkan kaki kiri dan tekuk kaki kanan.

Baca Juga: 5 Cara Mengecilkan Pantat agar Lebih Kencang, Alami Tanpa Operasi Plastik

Tahan posisi tubuh dengan tangan kanan di bagian belakang, kemudian putar tubuh atas ke kanan dan bawa lengan kiri melewati lutut yang tertekuk tadi.

Ilustrasi pinggang kecil. (Unsplash/Bill Oxford)

Tahan posisi selama 10 detik, dan lakukan pada sisi lain. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali repetisi untuk masing-masing sisi.

Abdominal Stretch

Cara kedua yang bisa digunakan adalah dengan abdominal stretch. Cara ini juga cukup mudah dilakukan dan cocok untuk olahraga pagi hari.

Pertama, berbaringlah telungkup dengan tangan di dekat bahu seperti sikap push up. Kemudian, dorong tangan Anda dan angkat tubuh bagian atas. Jaga bagian pinggul, panggul, dan kaki tetap di lantai. Tahan selama 15 detik, dan ulangi sebanyak 5 kali.

Baca Juga: 9 Cara Mengecilkan Lengan Selain Olahraga, Cukup Modal Niat dan Konsisten

Side Stretch

Ini seperti gerakan pemanasan yang dilakukan sebelum berolahraga. Pertama, Anda mengambil posisi berdiri, kemudian buka kaki selebar bahu. Jaga tangan Anda tetap di bagian samping kanan dan kiri.

Angkat tangan kanan hingga lurus, lalu lekukkan tubuh ke sisi kiri. Tangan kiri tetap berada di samping, dan ikut bergerak turun ke arah sejajar paha. Tahan 5 detik, dan lakukan pada sisi lainnya. Lakukan gerakan ini 10 kali repetisi pada setiap sisi.

Plank

Teknik keempat ini terbilang salah satu cara paling populer. Gerakan plank sangat sederhana, namun menuntut ketahanan otot bagian atas, tengah, dan bawah tubuh.

Pertama, ambil posisi push-up, jaga bagian tangan di bawah bahu dan buat satu garis antara kepala hingga kaki secara lurus. Lalu, jaga bagian atas tubuh tetap diam.

Untuk variasinya, Anda bisa mengangkat satu kaki ke atas dan tahan selama beberapa saat. Lakukan sebanyak 10 kali repetisi.

Cukup mudah, kan, gerakan cara mengecilkan pinggang di atas? Semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba di rumah! Jangan lupa lakukan pemanasan sebelum melakukan gerakan tersebut, ya!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar