Lifestyle / food-travel
Risna Halidi | Aflaha Rizal Bahtiar
webinar Preserving Culture & Heritage Through Retail

Suara.com - Merepresentasikan warisan budaya Indonesia tidak hanya bisa dilakukan dengan cara melakukan pameran tetapi juga dengan menjaga warisan budaya dalam dunia desain retail mulai dari arsitektur, interior, hingga kuliner.

Dalam acara webinar Preserving Culture & Heritage Through Retail beberapa waktu lalu, para pembicara memberikan sudut pandang bagaimana caranya mempertahankan identitas warisan budaya dengan cara menggabungkan desain modern.

“Peran retail tidak hanya sebagai housing dan membangun landscape Jakarta saja, tetapi juga harus bisa mempreservasi budaya kita. Salah satu yang sudah dilakukan adalah melalui Pantjoran PIK dan Batavia PIK,” ungkap CEO Agung Sedayu Group-Amantara, Natalia Kusumo.

Hal ini juga telah diungkap oleh A+A Architecture Interior Anggraito Suhartono. Menurutnya, yang perlu dilakukan adalah menciptakan ruang secara sensorik yang berevolusi, dengan perkembangan sosial dan kultur konsumen bagi generasi muda.

Baca Juga: Tidak Hanya Indah, 7 Motif Batik ini Memiliki Makna yang Mendalam

"Karena kita tidak bisa mengadopsi mentah-mentah apa yang sudah ada di masa lalu, tanpa kita adaptasi dengan kondisi masyarakat,” ungkap Anggraito.

Culinary & Hospitality Entrepreneur TUGU Group Annette Anhar mencoba membagikan pengalamannya tentang tantangan terkait implementasi nilai-nilai Indonesia dari akurasi arsitektur.

“Saya belajar dari ayah saya tentang bagaimana membangun TUGU Group sebagai retailer yang fokus pada visi dan misi, dengan menunjukkan Indonesia di masa lalu dengan tetap mempertahankan bangunan aslinya secara interior dan eksterior,” ungkap Annette.

“Dalam melestarikan budaya, salah satu hal yang harus dilakukan adalah, dengan bekerja sama dengan semua orang yang ingin mendalami budaya. Mulai dari hobi memasak hingga menari,” ungkapnya lagi.

Sementara itu, Natalia Kusumo mengatakan, ia tidak ingin dipandang sebagai image builder semata.

Baca Juga: Kuliner Khas Sekadau Ditetapkan Menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh Kemendikbud

Tetapi juga bisa bergerak maju sebagai perusahaan yang berperan dalam pelestarian budaya Indonesia, dan menjadi platform untuk memberikan memberikan pengalaman kepada para konsumen.

Komentar