Lifestyle / female
Rima Sekarani Imamun Nissa
ilustrasi madu. (Pixabay.com/teriulandariar)

Suara.com - Banyak orang ingin tahu bagaimana cara mencerahkan wajah secara aman dan efektif. Pada dasarnya, ini bukan tentang cara memutihkan kulit. Apa pun warnanya, siapa yang tidak mau punya kulit bersih, sehat, dan tampak bercahaya?

Dirangkum dari Times of India, Senin (16/5/2022), ada berbagai bahan di dapur rumah yang bisa membantu membuat kulit sehat bercahaya secara alami. Mereka tidak hanya bermanfaat mencerahkan, tapi juga melembapkan, menenangkan, bahkan menghaluskan tekstur kulit.

Madu

Madu adalah pelembap alami terbaik untuk kulit. Jika Anda menggunakannya sebagai masker wajah, madu bisa dikombinasikan dengan pepaya, pisang, dan jeruk atau lemon.

Baca Juga: Manfaat Pelembab untuk Kulit Wajah, Cukupkah untuk Menjadikan Kulit Sehat dan Bersih?

Ilustrasi madu. (Pixabay/ExplorerBob)

Susu segar

Rendam kapas dalam satu sendok makan susu segar lalu gunakan untuk membersihkan wajah. Ini adalah pembersih alami yang akan membuat kulit lebih cerah.

Pembersih dari susu segar bisa digunakan setiap hari, baik pagi maupun malam hari. Pada penghujung hari, ini dapat digunakan untuk menghilangkan semua sisa polusi dan kotoran yang menempel di kulit.

Dadih

Dadih adalah fermentasi susu kerbau yang bentuknya mirip yogurt. Bahan ini rupanya memiliki sifat anti-penuaan.

Baca Juga: Ingin Kulit Putih dan Sehat? 5 Alternatif Alami Ini Dapat Membantu Anda!

Penggunaan dadih secara teratur disebut efektif menghidrasi dan melembapkan kulit sehingga bebas noda dan awet muda. Bahan ini juga meningkatkan elastisitas dan membantu meratakan warna kulit.

Kunyit

Cara mencerahkan wajah secara alami yang cukup populer adalah menggunakan kunyit. Rempah ini memiliki sifat anti-oksidan dan anti-inflamasi yang membuat kulit tampak bercahaya.

Lidah Buaya (Shutterstock)

Lidah buaya

Lidah buaya punya manfaat yang luar biasa untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Produk dengan kandungan utama lidah buaya banyak tersedia di pasaran. Namun, Anda juga bisa memanfaatkan lidah buaya sehat yang ditanam di kebun Anda sendiri.

Tidak hanya membantu menenangkan kulit yang teriritasi akibat terbakar sinar matahari, lidah buaya juga mengandung kolagen yang akan memperbaiki sel-sel kulit.

Itulah tadi beberapa bahan yang bisa dimanfaatkan dalam cara mencerahkan wajah secara alami. Bagaimana menurut Anda?

Komentar

terkini