Presiden Joko Widodo atau jokowi melayat Habibie. (Foto Biro Pers Kepresidenan)

Suara.com - Ratusan pelayat sudah sedari pagi tadi datang bergantian ke rumah duka Presiden ke-3 RI BJ Habibie. Mulai dari tokoh nasional hingga tetangga maupun warga dari jauh diperkenankan masuk untuk melayat dan mendoakan langsung mendiang Habibie.

Termasuk warga dari Jatiasih, Bekasi yang tergabung dalam rombongan ibu-ibu pengajian Majelis Taklim Khoiru Ummah. Sri, salah satu ibu pengajian, menuturkan rombongannya yang berjumlah lima orang sengaja datang melayat ke rumah duka untuk mendoakan Habibie secara langsung.

"Saya niatkan untuk mendoakan beliau karena bapak bangsa ini bapak yang kita banggakan. Mewakili pengajian Khoiru Ummah kami mendoakan," kata Sri di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Sri berujar, dirinya yang diperkenankan masuk mendapat kesempatan langsung untuk membacakan doa dan ayat-ayat suci Al Quran di dekat jenazah Habibie. Diakui Sri, kondisi jenazah Habibie tampak begitu tenang bahkan memancarkan senyum.

"Tadi kita juga berkempatan langsung membacakan Al Fatihah di depan jenazah beliau. Jadi tadi kita bisa masuk di sebelah melihat wajah bapak tersenyum, terharu melihatnya. Melihat dari senyumnya, walau tertutup selendang tapi masih terlihat," kata Sri.

Menurutnya, pancaran senyum dan aura positif dari jenazah menandakan bahwa Habibie meninggal dunia dalam keadaan husnul khotimah. Apalagi, kata dia, mengingat jutaan rakyat Indonesia yang juga terus mengirimkan doa kepada almarhum.

"Tercermin dari jamaah yang datang orang-orang baik. Semoga bapak husnul khotimah, ini tanda husnul khotimah," ujarnya.

Sri mengatakan, ia bersama rombongannya yang membawa mobil pribadi akan melanjutkan perjalanan ke Taman Makam Pahlawan. Di sana mereka berencana untuk berziarah ke makam istri Habibie, Ainun, sambil menunggu kedatangan dan prosesi pemakaman Habibie secara militer.

Diketahui, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (11/9). Jasadnya disemayamkan di rumah duka di Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Prosesi pemakaman BJ Habibie rencananya dimulai setelah salat Zuhur. Upacara pemakaman diadakan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, dengan inspektur upacara Presiden Joko Widodo.