News / nasional
Dany Garjito
Syekh Ali Jaber di acara wakaf Quran Braill di Bandung.

Suara.com - Biodata Syekh Ali Jaber (Ali Saleh Mohammed Ali Jaber). Berikut biodata Syekh Ali Jaber terlengkap.

Berikut biodata Syekh Ali Jaber terlengkap.

Ali Saleh Muhammed Ali Jaber atau yang akrab disapa Syekh Ali Jaber adalah seorang pendakwah dan ulama asal Madinah yang berkewarganegaraan Indonesia. Syekh Ali Jaber lahir di Madinah, Arab Saudi pada tanggal 3 Februari 1976 atau dalam penanggalan Hijriah bertepatan dengan 3 Shafar 1396 H. 

Latar Belakang Syekh Ali Jaber

Baca Juga: 4 Teladan Syekh Ali Jaber, Maafkan Penusuknya hingga Cium Kaki Hafiz Cilik

Ali Saleh Muhammed Ali Jaber adalah sulung dari 12 bersaudara yang lahir di Madinah, Arab Saudi. Syekh Ali Jaber sejak kecil telah mendapatkan bimbingan agama dari sang Ayah. Ayahnya adalah seorang penceramah agama yang mengharapkan Syekh Ali Jaber sebagai anak pertama, bisa menjadi seperti dirinya. 

Syekh Ali Jaber menjalani pendidikan formalnya dari Ibtidaiyah hingga Aliyah di Madinah. Usai lulus sekolah menengah, beliau melanjutkan pendidikan khusus pendalaman Al-Qur'an pada tokoh dan ulama ternama di Arab Saudi.

Selama perjalanannya dalam belajar agama, beliau rutin mengajar dan berdakwah di mana-mana, khususnya di tempat di mana ia tinggal, di Masjid tempat Ayahnya menyiarkan Islam dan ilmu Al-Qur'an. Selama di Madinah, Syekh Ali Jaber juga aktif sebagai guru hafalan Al-Qur'an di Masjid Nabawi dan menjadi Imam shalat di salah satu Masjid di Kota Madinah.

Kemudian pada tahun 2008, Syekh Ali Jaber menikah dengan Umi Nadia, istri Syekh Ali Jaber wanita asal Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dan sejak tahun 2008 itulah, Syekh Ali Jaber mulai berdakwah di Indonesia dan resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada tahun 2012. Hingga tahun 2020, keduanya telah dikaruniai seorang anak. Anak Syekh Ali Jaber diberi nama Hasan. 

Syekh Ali Jaber Dakwahnya Menyejukkan

Baca Juga: Momen Gus Miftah Pegang Erat Tangan Syekh Ali Jaber Minta Doa

Kehadiran Syekh Ali Jaber di Indonesia mendapatkan sambutan baik oleh masyarakat karena dakwahnya yang menyejukkan, penyampaiannya sangat rinci dilengkapi dengan ayat-ayat Al-Qur'an dan hadits. Sejak saat itu, Syekh Ali Jaber mulai sering dipanggil keliling Indonesia untuk melakukan syiar Islam. Sejak itu pula beliau rutin mengisi acara Damai Indonesiaku di TvOne dan menjadi juri Hafizh Indonesia di stasiun televisi RCTI. 

Karier Syekh Ali Jaber terus mengalir, beliau mulai tampil di berbagai program televisi, bahkan beliau juga mulai menjadi aktor dalam film “Surga Menanti” pada tahun 2016. Popularitas Syekh Ali Jaber tidak kalah dengan penceramah ternama Indonesia lainnya. Namun meskipun sudah tenar lewat media, beliau tetap rendah hati dan masih berkeliling menjadi khatib Jumat di masjid-masjid kecil di pelosok kota dan daerah. 

Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia

Syekh Ali Jaber meninggal dunia pada hari Kamis, 14 Januari 2021 pukul 09:00 WIB di RS Yarsi Jakarta. Ketua Yayasan Syekh Ali Jaber, yaitu Habib Abdurrahman telah membenarkan hal tersebut.

Syekh Ali Jaber sebelumnya menjalani perawatan intensif setelah beliau dinyatakan positif Covid-19. Sebelumnya, kondisinya sempat dikabarkan membaik beberapa waktu yang lalu. Selama dirawat intensif karena Covid-19 sejak Selasa (29/12/2020) yang lalu, kesehatan Syekh Ali Jaber terus memperlihatkan perkembangan baik setiap harinya.

Syekh Ali Jaber meninggal dunia sudah dalam keadaan negatif Covid-19. Oleh karena itu, proses pemakaman akan dilangsungkan tanpa menggunakan protokol pemakaman Covid-19. Rencananya, jenazah akan dimakamkan di Lombok, seperti pesan yang disampaikan oleh Syekh Ali Jaber sebelum beliau meninggal dunia. 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Komentar