News / nasional
Rifan Aditya
Link Pengumuman PPPK Guru 2021 di https://gurupppk.kemdikbud.go.id/ (gurupppk.kemdikbud.go.id)

Suara.com - Para pelamar PPPK Guru 2021 tentu saja tengah menantikan pengumuman hasil seleksi. Nah, dimana dapat link pengumuman PPPK Guru 2021 dapat diakses?

Link pengumuman PPPK Guru 2021 dapat dibuka melalui situs Gurupppk.kemdikbud.go.id. Hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru 2021 dijadwalkan akan diumumkan pada hari Jumat, 8 Oktober 2021 pukul 09.00 WIB. Pengumuman tersebut disiarkan secara langsung di kanal Youtube Kemendikbud RI.

Hasil seleksi kompetensi ini sebelumnya sempat mengalami penyesuaian jadwal. Awalnya pengumuman hasil seleksi dijadwalkan akan rilis pada 24 September 2021. Namun, karena proses pengolahan nilai masih berlangsung, maka panitia seleksi PPPK Guru 2021 memutuskan untuk menunda perilisan hasil seleksi tersebut.

Penundaan hasil seleksi masih berkaitan juga dengan kebijakan afirmasi bagi peserta yang merupakan guru honorer. Sebelumnya, pemerintah telah mengumumkan akan memberikan tambahan nilai untuk para peserta yang termasuk kriteria afirmasi. Mendikbud sebelumnya juga sempat menyebutkan bahwa pemberian afirmasi tersebut mempertimbangkan berbagai aspek yang tidak dapat diukur melalui tes.

Baca Juga: 173.329 Guru Dinyatakan Lolos PPPK, Yang Belum Lolos Bisa Mendaftar Lagi

Namun sayangnya, dalam pelaksanaan PPPK Guru 2021 terjadi sejumlah inkonsistensi standar prosedur dan perlengkapan yang dikeluarkan oleh pelaksana pusat. Termasuk di antaranya adalah ketidaksesuaian kisi-kisi dengan soal yang diujikan, hingga ketimpangan rasio kesulitan dengan durasi pengerjaan tes.

Menurut Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda, kondisi ini sempat menuai protes dari mayoritas guru di Indonesia. Dengan adanya pertimbangan-pertimbangan tersebut, maka Syaiful mendesak panitia pelaksana untuk menunda pengumuman hasil seleksi kompetensi PPPK Guru tahap I.

Berikut Link Pengumuman PPPK Guru 2021

Hari ini, link pengumuman PPPK Guru 2021 sudah dapat diakses. Link pengumuman hasil Seleksi Kompetensi Tahap I PPPK Guru 2021 yaitu https://gurupppk.kemdikbud.go.id. Kemudian pilih menu "Cek Kelulusan Peserta". 

Pengumuman tersebut disiarkan secara langsung di tautan https://www.youtube.com/c/KEMENDIKBUDRI2021 .

Baca Juga: 173.329 Guru Honorer Lulus Seleksi PPPK, Nadiem Tegaskan Soal Ini

Pengumuman tersebut juga dapat dicek di Portal Informasi Penerimaan Guru. Pilihlah menu Daftar Seleksi PPPK Guru yang akan tersambung ke laman https://sscasn.bkn.go.id.

Komentar