Poptren.suara.com - Diabetes tipe 2 termasuk masalah kesehatan serius disebabkan oleh gangguan produksi insulin. Tapi, menjaga pola makan bisa menurunkan risiko Anda menderita diabetes tipe 2.
Jika Anda mengganti nasi dengan quinoa sebagai makanan pokok, pola makan ini mungkin akan membantu mencegah diabetes tipe 2.
Apalagi, quinoa juga nampaknya membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah makan yang bisa menyebabkan diabetes tipe 2.
Karena, makanan ini mengandung vitamin B, E dan C serta mineral. Bahkan, makanan ini juga tinggi serat dan protein yang baik untuk penderita diabetes.
Para peneliti pun telah memastikan diet berbasis quinoa ini bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 atau tidak. Penelitian yang dipimpin oleh Diana Díaz Rizzolo ini melibatkan 9 pasien pradiabetes di atas usia 65 tahun.
Peneliti pun memantau glukosa yang mengukur gula darah mereka setiap menit dalam sehari. Selain itu, peserta juga diminta mencatat makanan yang dikonsumsi untuk mencari yahu dampak makanan tertentu terhadap glukosa darah.
Pada akhir bulan, peserta diminta menukar makanan yang kaya karbohidrat kompleks, seperti sereal, kacang-kacangan, umbi-umbian dan pasta dengan quinoa dan makanan yang terbuat dari quinoa tersebut.
"Kami menemukan lonjakan gula darah mereka lebih rendah setelah makan quinoa dibandingkan diet biasa," kata Díaz Rizzolo dikutip dari Express.
Temuan peneliti ini sangat penting karena lonjakan gula darah setelah makan ini merupakan faktor penentu dalam perkembangan diabetes tipe 2.
Baca Juga: Akhirnya! Wajah Lucinta Luna Setelah Oplas Terungkap
Namun, penelitian ini tidak menentukan banyak quinoa yang dipilih subjek. Meski begitu, temuan penelitian ini sangat berarti bagi orang dengan pradiabetes.
Sumber : Suara.com
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Dari Rp150 ke Rp17.000: Menelusuri Sejarah Kenaikan Harga BBM dari Era Soekarno hingga Prabowo
-
Modal Sapu dan Hanger, Pelarian 10 Bulan Otak Pembobol Rumah di Bandar Lampung Berakhir
-
Mengapa Revolusi Tidak Lahir dari Tagar
-
Bukan Cuma Putih, Ini 5 Warna Kamar Mandi yang Bawa Rezeki dan Energi Positif Versi Feng Shui
-
Dilema Pertamina Naikkan Harga Pertamax, Ekonom: Kalau Ditahan Terus Bisa Gerus Keuangan Negara
-
Oli Motor Makin Boros di Tengah Kenaikan Harga, Benarkah Tanda Harus Turun Mesin?
-
Kenapa Mahasiswa Demo 'Menuju Indonesia Bangkrut' di Bundaran HI?
-
Inovasi Karyawan Petrokimia Gresik Hasilkan Nilai Rp154 Miliar
-
Daging Empuk hingga Ceker Lumer: Mengintip Menu Andalan di Sate Padang Doni
-
Layanan Kereta Indonesia Disebut Sudah Setara Global