Press Release / pressrelease
Vania Rossa
JOOX Indonesia Music Awards 2021

Suara.com - Untuk pertama kalinya, JOOX Indonesia menggelar ajang penghargaan musik yang pemenangnya akan ditentukan 100% oleh para penggemar dalam gelaran JOOX Indonesia Music Awards (JIMA) 2021. Itu artinya, Anda para penggemar musik dapat mendukung musisi idola melalui voting dan gamifikasi dalam JIMA 2021 yang akan berlangsung mulai dari tanggal 7-13 Juni 2021 ini.

Saat ini, Industri musik kian berkembang pesat, tidak hanya di Indonesia tapi juga secara global. Perkembangan tersebut tidak terlepas dari kerja keras musisi dan juga peran penggemar musik yang setia mendukung musisi idola mereka. Berdasarkan International Journal of Music Business Research, platform streaming musik membangun koneksi dan kedekatan antara penggemar musik dan musisi idolanya. Hal tersebut menghasilkan keterlibatan antara musisi dan penggemar yang berkontribusi terhadap perkembangan industri musik.

“Kami melihat perkembangan industri musik saat ini salah satunya dipengaruhi oleh kontribusi penggemar terhadap musisi idola mereka. Sebagai social entertainment platform yang dilengkapi dengan berbagai fitur interaktif yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan para musisi, JOOX ingin menjadi wadah yang dapat mendekatkan penggemar dengan idolanya,” kata Yuanita Agata selaku Head of Marketing JOOX Indonesia, mengeutip siaran pers yang diterima Suara.com.

Dengan memanfaatkan fitur terbaru, yaitu voting dan Buzz, JOOX mengajak seluruh penggemar musik untuk memberikan dukungan dan apresiasi kepada musisi idola mereka. Harapannya, kegiatan ini juga dapat menjadi ajang selebrasi penggemar yang berkolaborasi dengan JOOX untuk bersama-sama memajukan perkembangan industri musik Indonesia.

Baca Juga: JOOX Rilis Soundtrack Mobile Legends: Bang Bang, Event 515 eParty

JIMA 2021 memiliki sederet kategori penghargaan kepada musisi, di antaranya: Indonesian Song of the Year, Global Song of the Year, Indonesian Group of the Year, Indonesian Artist of the Year, Dangdut Artist of the Year, Korean Artist of the Year, International Artist of the Year dan Best Fanbase of the Year.

General Manager ASIRI (Asosiasi Industri Rekaman Indonesia), Braniko Indhyar, juga turut mengakui bahwa kesuksesan dari musisi juga ditandai dengan adanya dukungan yang cukup kuat dari para fans mereka, dan mendukung diselenggarakannya JIMA 2021.

“Di era digital, perkembangan teknologi dan hadirnya digital streaming platform memudahkan penggemar mencari dan menikmati musik. Mereka juga lebih mudah berinteraksi, mendukung, dan mengapresiasi musisi idolanya melalui berbagai fitur interaktif. Sebagai salah satu digital streaming platform yang memiliki banyak pengguna di Indonesia, sangat tepat bahwa JOOX melibatkan penggemar untuk menentukan pemenang JIMA. Hal ini membuat acara ini betul-betul dari penggemar untuk penggemar," katanya.

Nah, Anda bisa memberikan vote untuk musisi idola Anda sebanyak-banyaknya melalui fitur voting yang ada di aplikasi JOOX, mulai 7 Juni 2021 pukul 00:01 WIB sampai 13 Juni 2021 23:59 WIB. Setiap harinya, pengguna “free-user” akan mendapatkan 8 kuota vote, sedangkan pengguna VIP mendapatkan 80 kuota vote. Untuk mendapatkan kuota tambahan vote, Anda bisa membagikan halaman voting ke media sosial, atau menukarkan koin dengan vote. Koin tersebut bisa didapatkan dengan melakukan berbagai daily task, seperti salah satunya mencoba fitur terbaru JOOX Buzz dengan cara mengunggah video pendek dan membaginya ke media sosial.

Berbagai hadiah menarik dengan total nilai ratusan juta rupiah menanti Anda, mulai dari VIP JOOX selama sebulan, perangkat gadget terkini, official merchandise, pemasangan billboard untuk fanbase terbaik, hingga makan malam virtual dengan artis nominasi “Indonesian Artist of The Year”.

Baca Juga: Jaga Telinga dari Hal Buruk di Bulan Ramadan, JOOX Hadirkan 'Kedap Suara'

Komentar