Sport / balap
Reky Kalumata
Pebalap tim KTM Miguel Oliveira melakukan selebrasi setelah menjuarai Grand Prix Catalunya, Minggu (6/6/2021) (AFP/Lluis Gene)

Suara.com - Rider KTM Miguel Oliveira membuat kejutan dengan tampil dominan guna menjadi juara di MotoGP Catalunya, Minggu (6/6/2021), setelah mengalahkan Johann Zarco.

Oliveira meraih kemenangan pertamanya, juga bagi KTM, musim ini setelah finis 0,175 detik di depan pebalap Pramac Racing Johann Zarco di lomba sepanjang 24 putaran tersebut.

Jack Miller membawa Ducati melengkapi podium setelah Fabio Quartararo mendapat penalti tambahan tiga detik karena mengalami masalah dengan baju balapnya, demikian laman resmi MotoGP seperti dimuat Antara.

"Saya tak bisa berkata-kata. Ini mungkin salah satu balapan terbaik yang pernah saya alami," kata Oliveira.

Baca Juga: Menangi MotoGP Catalunya, Miguel Oliveira: Ketenangan adalah Kunci

Dengan podium keempatnya musim ini, Zarco mengoleksi total 101 poin, memangkas jaraknya dari Quartararo yang masih unggul 17 poin di puncak klasemen setelah tujuh balapan.

Sedangkan Miller naik ke peringkat tiga dengan 90 poin, menggeser rekan satu timnya, Francesco Bagnaia ke peringkat empat dengan margin dua poin.

Dari P2 Miller mencuri posisi pimpinan lomba dari Quartararo yang start dari pole setelah Tikungan 1 lap pembuka. Oliveira juga menyodok ke P2, menggeser Quartararo ke P3, sebelum mengambil alih pimpinan lomba dari Miller yang membuat kesalahan di lap ke-2.

Quartararo melaju terlalu dalam menuju Tikungan 7 sehingga melebar dan membuka jalan bagi Joan Mir dan Aleix Espargaro.

Di saat Oliveira unggul hampir satu detik di depan dari rival terdekat, Quartararo berusaha menemukan ritme dan berhasil melewati rival-rivalnya untuk kembali ke P2 dan memangkas jaraknya dari pebalap KTM di depannya.

Baca Juga: Marc Marquez Jatuh, Jaket Quartararo Terbuka saat Balapan, KTM Kuasai Sirkuit Catalunya

Unggul sepersekian detik setiap lapnya, El Diablo memiliki celah untuk menyalip Oliveira di lap ke-12 dan merestorasi posisinya sebagai pimpinan lomba.

Komentar