Sport / raket
Arief Apriadi
Petenis Inggris, Emma Raducanu. [Jeremy Selwyn / POOL / AFP]

Suara.com - Petenis Emma Raducanu terpilih sebagai BBC Sports Personality of the Year setelah tampil gemilang selama 2021, khususnya ketika secara luar biasa mampu menjadi juara US Open.

BBC Sports Personality of the Year merupakan penghargaan tahunan untuk individu yang menggeluti bidang olahraga di Inggris.

Emma Raducanu mengejutkan dunia olahraga pada September lalu ketika dia menjadi pemain kualifikasi pertama yang memenangi turnamen besar setelah mengalahkan petenis Kanada Leylah Fernandez pada final di Flushing Meadows.

Petenis berusia 19 tahun itu juga menjadi perempuan Inggris pertama yang mengklaim gelar utama sejak Virginia Wade menang di Wimbledon pada 1977.

Baca Juga: Sejarah Tenis Meja: Populer dengan Nama Ping Pong di Indonesia, Ternyata dari Inggris

Raducanu mengalahkan sejumlah atlet yang masuk dalam nominasi, termasuk penyelam Tom Daley, yang berada di urutan kedua dan perenang Adam Peaty di tempat ketiga, serta petinju Tyson Fury, pesepak bola Raheem Sterling dan pesepeda Sarah Storey untuk memenangi penghargaan tersebut.

"Merupakan suatu kehormatan untuk berada di antara nominasi ini. Untuk menang sangat menakjubkan," kata Raducanu, yang juga mencapai putaran keempat di Wimbledon tahun ini pada debut Grand Slamnya, dikutip dari Reuters, Senin (20/12/2021).

"Tahun ini bermain di Wimbledon di depan penonton tuan rumah - itu adalah sesuatu yang belum pernah saya rasakan sebelumnya."

"Saya telah menyaksikan Sports Personality of the Year tumbuh dan merupakan suatu kehormatan untuk berada di antara para pemenang sebelumnya."

"Saya juga senang untuk tenis Inggris dan kami berhasil mendapatkan penghargaan ini... lagi."

Baca Juga: Singkirkan Serbia, Kroasia Melaju ke Final Piala Davis

Petenis Inggris Andy Murray adalah pemain tenis terakhir yang memenangi penghargaan tersebut pada 2016 setelah mengklaim trofi pada 2015 dan 2013.

Komentar