Logo Lenovo. [Shutterstock]

Suara.com - Motorola diperkirakan akan memperkenalkan smartphone lipat pertama tahun ini sebagai strategi membangkitkan Motorola RAZR (2019). Ponsel lipat ini akan membuka dan menutup secara vertikal, dan ketika dibuka akan menampilkan layar 6,2 inci dengan resolusi 876 x 2142 dan rasio aspek 22: 9.

Namun, akan ada tampilan eksternal yang lebih kecil dengan resolusi 600 x 800 dan rasio aspek dari 4: 3. Kabarnya, RAZR modern ini akan dihargai 1.500 dolar AS atau sekitar Rp 21,32 juta (1 dolar AS = Rp 14.215,43).

Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO) menerbitkan paten (via LetsGoDigital) yang diterima oleh pabrikan China tahun lalu. Paten tersebut mencakup clamshell yang dapat dilipat dengan beberapa kesamaan dengan paten Motorola Razr.

Kunci telepon ini adalah engsel fleksibel yang memungkinkan pengguna melipat perangkat dengan beberapa cara berbeda. Dengan layar kedua ditemukan di bagian bawah ponsel, layar ini dapat dilipat ke bagian kecil dari layar fleksibel.

Ilustrasi Motorola Razr. [Shutterstock]

Telepon dapat dilipat lagi membuat perangkat lebih dapat dikantongi, melindungi sebagian besar tampilan dan mengungkapkan sebagian kecil dari bagian atas layar fleksibel.

Kamera utama akan ditemukan di bagian belakang perangkat dengan selfie kakap ditempatkan di bezel atas. Speaker terletak di bagian atas telepon.

Samsung akan menjadi produsen besar pertama yang merilis ponsel lipat ketika Galaxy Fold diluncurkan pada tanggal 26 April lalu dengan label harga 1.980 dolar AS atau senilai Rp 28,14 juta. Diikuti dengan Huawei Mate X yang akan tersedia dengan harga setara dengan 2.600 dolar AS atau kisaran Rp 36,6 juta.

Sementara itu, perusahaan lain seperti Oppo, Xiaomi, dan TCL, mereka akan menawarkan model lipat mereka sendiri. Beberapa paten dari Apple yang terkait dengan iPhone yang dapat dilipat juga diprediksi akan muncul pada tahun 2020.

Nomor paten Lenovo adalah US D828.321 S dan berjudul Fleksibel Ponsel Cerdas. Awalnya, diajukan kembali pada November 2017. [Phonearena]