Gojek pada Rabu (27/2/2019), meresmikan layanannya di Thailand yang bernama GET. Ilustrasi pengendara Gojek dan penumpangnya. [Shutterstock]

Suara.com - Siam Commercial Bank (SCB), bank terbesar di Thailand, pada Kamis (11/7/2019), mengumumkan telah berinvestasi di Gojek, perusahaan transportasi online asal Indonesia.

Sayangnya baik SCB dan Gojek belum membeberkan secara rinci nilai investasi tersebut. Tetapi menurut Nikkei Asian Review, kucuran dana dari SCB itu merupakan bagian dari putaran pendanaan baru seri F yang bernilai total 3 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 42,1 triliun.

SCB juga mengumumkan akan bermitra dengan GET, anak usaha Gojek di Thailand. Dalam kerja sama itu SCB akan menyediakan layanan keuangan untuk para pengemudi dan pengguna jasa GET di negeri Gajah Putih tersebut.

Para pengemudi GET akan bisa membuka rekening di SCB dan mengajukan pinjaman menggunakan aplikasi buatan Gojek tersebut.

Jumlah pengguna GET di Thailand diklaim naik tajam dari hanya 200.000 pada Februari 2019 ke lebih dari 1 juta.

Sebelumnya, masih pada pekan ini, Gojek menerima investasi segar dari Mitsubishi Motors, raksasa otomotif dari Jepang. Meski demikian belum diketahui berapa jumlah dana yang disuntik Mitsubishi ke perusahaan rintisan pimpinan Nadiem Makarim tersebut.