Tekno / internet
Dany Garjito | Hani
Ilustrasi wawancara kerja virtual. (Shutterstock)

Suara.com - Perusahaan menjadwalkan untuk wawancara online? Jangan panik, simak tips wawancara kerja online.

Wawancara kerja biasanya dilakukan dengan dua cara, bertemu langsung atau online. Meski wawancara online sudah marak dilakukan, tapi karena pandemi virus Corona ini, semakin banyak perusahaan yang melakukannya.

Sebagai kandidat calon karyawan, pastikan kamu mempersiapkan segalanya agar wawancara online berjalan dengan lancar. Tapi, perlu dipahami bahwa wawancara online terdiri dari dua jenis, rekaman dan langsung.

Wawancara dengan rekaman biasanya adalah tahap pertama dalam seleksi sebelum berlanjut ke tahap wawancara langsung.

Baca Juga: Tips Tetap Aman dan Terhindar dari Risiko Luka Bakar Selama di Rumah Aja

Sedangkan wawancara rekaman adalah wawancara yang direkam. Biasanya, kamu akan diberi tautan (link) yang dapat merekam jawabanmu dengan durasi yang sudah ditentukan.

Walaupun dengan cara rekaman, kamu tetap tidak boleh meremehkan. Pastikan kamu sudah mencari tahu tentang perusahaan tersebut terlebih dahulu serta latihan artikulasi dan nada bicara agar terdengar bagus saat direkam.

Jika perusahaan yang mengundangmu untuk wawancara menggunakan metode wawancara langsung (live), Rekruter akan mengirim link khusus yang akan digunakan untuk proses wawancara.

Lantas, bagaimana tips agar wawancara online berjalan dengan lancar? Menyadur dari Hops.id —jaringan Suara.com, berikut tips wawancara kerja online paling ampuh.

Tips Wawancara Kerja Online Paling Ampuh

Baca Juga: Tips Menciptakan Ide Bisnis

1. Persiapan sebelum wawancara

Komentar