RR Ukirsari Manggalani | Lintang Siltya Utami
Sabtu, 17 Oktober 2020 | 22:20 WIB
Aplikasi Zoom. [AFP/Martin Bureau]

Suara.com - Zoom telah menjadi salah satu aplikasi konferensi video paling populer di tengah pandemi COVID-19 untuk membuat orang-orang tetap terhubung. Namun, pengguna mungkin memutuskan untuk tidak ingin menggunakan Zoom lagi karena berbagai alasan dan ingin menghapusnya.

Ada cara mudah untuk menghapus akun Zoom, baik secara permanen ataupun hanya menonaktifkannya. Dilansir dari Android Authority, berikut cara menghapus akun Zoom:

  1. Pertama, kunjungi situs web zoom.us > masuk ke akun Zoom pengguna > klik bagian Admin di sebelah kiri > kemudian klik Account Management dan klik menu Profile > pilih Terminate My Acc > konfirmasikan dengan mengklik Yes. Pengguna kemudian akan keluar dan akun Zoom telah dihapus.
  2. Namun, jika pengguna tidak ingin menghapus akun Zoom dan hanya ingin berhenti menggunakan Zoom untuk sementara sampai layanannya diperbaiki terkait masalah keamanan, pengguna dapat keluar dari Zoom pada semua perangkat.
  3. Zoom menghentikan penambahan fitur baru selama 90 hari untuk mengatasi masalah keamanan dalam platformnya dan pengguna dapat menunggu tanpa melewatkannya melalui pemberitahuan.
  4. Untuk keluar dari semua perangkat, kunjungi situs web zoom.us > masuk ke akun Zoom pengguna > pilih bagian Admin di sebelah kiri > klik pada Account Management > gulir ke bawah dan pilih opsi Sign Me Out From All Devices > terakhir, hapus aplikasi Zoom dari perangkat pengguna.

Jika pengguna mencari alternatif lain pengganti Zoom, ada banyak pilihan yang tersedia, seperti Google Meet, GoToMeeting, Google Duo, Facetime, hingga Microsoft Teams.