Tekno / gadget
RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Snapdragon 8 Gen1 [Qualcomm]

Suara.com - Beberapa waktu lalu, Qualcomm mengumumkan chipset flagship terbaru untuk smartphone yang diberi nama Snapdragon 8 Gen 1. Perusahaan memastikan bahwa prosesor ini akan dibuat oleh Samsung.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh CEO Qualcomm, Cristian Amon sebagaimana dipertik dari SamMobile. Ia menyebut prosesor Snapdragon 8 Gen 1 akan dibuat Samsung Foundry dengan fabrikasi 4nm.

Pernyataan ini juga serupa dengan Alex Katouzian selaku SVP and General Manager of Qualcomm’s Mobile, Compute, and Infrastructure Business. Ia menyebut bahwa Snapdragon 8 Gen 1 tidak dibuat oleh TSMC.

Presiden Qualcomm Inc., Cristiano Amon saat presentasi dalam ajang Mobile World Congress (MWC) di Barcelona, Spanyol. [AFP/Lluis Gene]

Snapdragon 8 Gen 1 akan menjadi prosesor smartphone kelas atas yang bersaing dengan merek lain seperti MediaTek Dimensity 9000, Apple A15 Bionic, dan Samsung Exynos 2200.

Baca Juga: Qualcomm Sebut Krisis Chip Global Bakal Membaik Tahun Depan

Semua chip itu dibuat dengan fabrikasi 4nm yang diklaim lebih kencang dan efisien. Namun chip 4nm buatan TSMC disebut jauh lebih efisien ketimbang chip 4nm buatan Samsung.

Sebagai catatan, chip yang dibuat TSMC antara lain A15 Bionic, M1, M1 Pro, dan M1 Max untuk perangkat iPhone, iPad, dan Mac Apple. Sementara sisanya diberikan ke MediaTek untuk Dimensity 9000.

Melihat hal itu, diyakini Qualcomm lebih memilih Samsung Foundry ketimbang TSMC dalam memenuhi kebutuhan pasar smartphone di chip Snapdragon 8 Gen 1.

Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 yang sama-sama diproduksi Samsung diprediksi bakal hadir di ponsel Galaxy S22 pada Februari 2022. Seperti Galaxy S21, Samsung Galaxy S22 bakal hadir dengan dua versi chip Snapdragon 8 Gen 1 dan Exynos 2200 di pasar berbeda.

Meski belum dirilis Samsung, Exynos 2200 diperkirakan menggunakan struktur CPU yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 1 dan Dimensity 9000, yakni memakai tiga core Cortex-X2, Cortex-A710, dan Cortex-A510.

Baca Juga: Samsung Galaxy A33 Diprediksi Bawa Fitur Tahan Air

Komentar