Bisnis / properti
M Nurhadi
Bill Gates. [Ludovic Marin/AFP]

Suara.com - Pendiri Microsoft sekaligus konglomerat Bill Gates secara resmi mengambil alih Four Seasons Hotels and Resorts melalui Cascade Investment LLC miliknya usai mencaplok setengah dari saham Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal senilai USD2,21 miliar, setara dengan Rp31,5 triliun.

Dikutip dari Fox Business, wabah pandemi yang sangat berdampak pada sektor perhotelan tidak membuat Bill Gates melalui Cascade ragu untuk mengakuisisi 23,8% saham milik pangeran miliarder itu di Four Seasons Hotel.

Saat ini, kepemilikan Bill Gates meningkat jadi 71,3 persen. Jaringan hotel itu pun kini memiliki nilai USD10 miliar (Rp142 triliun).

Melalui informasi resminya, Four Season menegaskan, kepemilikan Pangeran Alwaleed melalui kendaraan investasinya, Kingdom Holding Co akan terus memiliki sisa saham.

Baca Juga: Misteri Bercak Mencurigakan di Sprei Hotel, Jawaban Resepsionis Ngeselin

Saat ini, Kingdom Holding Co memiliki saham di banyak perusahaan seperti Citigroup Inc dan perusahaan transportasi online Lyft Inc. Selama 10 tahun terakhir, perusahaan investasinya telah menjual sahamnya di hotel.

Secara terpisah, Kingdom Holding mengatakan akan menggunakan hasil tunai dari divestasi itu untuk investasi masa depan serta membayar sebagian pinjaman yang belum dibayar.

Hingga kini, Cascade masih belum berkomentar apapun terkait hal ini. Namun demikian, sebelumnya diketahui bahwa perusahaan itu pertama kali berinvestasi di Four Seasons pada tahun 1997.

Four Seasons Hotel & Resort merupakan operator hotel yang mengelola 121 properti dan memiliki lebih dari 50 proyek. Four Seasons dimiliki Cascade, Prince Alwaleed dan pendiri jaringan hotel Isadore Sharp. Dilaporkan bahwa Sharp akan mempertahankan 5% sahamnya sebagai bagian dari kesepakatan.

Baca Juga: 8 Menu Makanan Nagita Slavina saat Karantina di Hotel, Mewah dan Lezat

Komentar