Bisnis / keuangan
Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Ilustrasi harga minyak dunia. [Shutterstock]

Suara.com - Harga minyak dunia turun pada perdagangan akhir pekan kemarin setelah sebelumnya reli tiga hari karena para investor mencoba mengukur dampak varian virus corona omicron terhadap permintaan minyak global.

Mengutip CNBC, Senin (27/12/2021) minyak mentah berjangka Brent turun 29 sen, atau 0,4 persen menjadi USD76,56 per barel, menyusul kenaikan 2,1 persen di sesi sebelumnya. 

Benchmark masih di jalur untuk kenaikan mingguan sekitar 4 persen.

Pasar AS tutup pada hari Jumat untuk liburan Natal. Harga minyak telah pulih minggu ini karena kekhawatiran atas dampak varian omicron yang sangat menular pada ekonomi global berkurang, dengan data awal menunjukkan hal itu menyebabkan tingkat penyakit yang lebih ringan.

Baca Juga: Warga Menjerit, Harga Minyak Goreng Naik Tidak Wajar

“Tetapi investor tetap berhati-hati di tengah melonjaknya kasus infeksi,” kata Hiroyuki Kikukawa, manajer umum penelitian di Nissan Securities.

Omicron meningkat di seluruh dunia pada hari Kamis, dengan para ahli kesehatan memperingatkan pertempuran melawan varian Covid-19 masih jauh dari selesai meskipun dua pembuat obat mengatakan vaksin mereka melindunginya dan meskipun ada tanda-tanda itu membawa risiko rawat inap yang lebih rendah.

Infeksi virus corona telah melonjak di mana pun variannya menyebar, memicu pembatasan baru di banyak negara termasuk Italia dan Yunani dan mencatat kasus baru.

United Airlines dan Delta Air Lines mengatakan pada hari Kamis bahwa mereka masing-masing telah membatalkan lusinan penerbangan Malam Natal, karena varian omicron yang menyebar memakan korban awak pesawat dan pekerja lainnya.

“Namun, mengingat melonjaknya harga gas alam di Eropa dan Asia, minyak kemungkinan akan tetap positif di tengah ekspektasi bahwa beberapa industri akan mengalihkan bahan bakar dari gas dengan harga tinggi ke minyak,” kata Kikukawa.

Baca Juga: DPRD Bontang Sindir Harga Minyak Goreng Mahal: Masyarakat Hanya Nikmati Jalan Rusak

Komentar