Bola / liga-spanyol
Liberty Jemadu
Striker Barcelona, Luis Suarez, merayakan golnya ke gawang Alaves, Sabtu (11/2) [AFP/Cesar Manso].

Suara.com - Barcelona benar-benar berpesta saat bertandang ke kandang Alaves, Stadion Mendizorrotza, di lanjutan kompetisi La Liga, Sabtu (11/2/2017). Dalam laga itu Barca mencetak enam gol dan tidak kebobolan sama sekali.

Berkat kemenangan 0-6 itu, Barcelona untuk sementara duduk di peringkat pertama papan klasemen dengan poin 48 dari 22 laga. Barca unggul dua poin atas Real Madrid yang hingga berita ini ditayangkan sedang melakoni laga ke-20 di kandang Osasuna.

Laga ini juga seperti memberikan gambaran dan prediksi juara piala Copa del Rey, karena Alaves merupakan penantang Barcelona di partai final piala bergengsi di Spanyol itu. Adapun partai final Copa del Rey akan digelar Mei mendatang.

Adapun gol-gol Barca di laga tadi dicetak  masing-masing oleh Luis Suarez (37 dan 68), Neymar (40), Lionel Messi (59), Ivan Rakitic (65), dan sebuah gol bunuh diri dari Alexis (63).

Suarez, yang mencetak dua gol di laga itu, tampil lebih menonjol. Ia membuka kemenangan dengan sebuah gol pada menit 37, menyambut umpan Alex Vidal dari sayap kanan.

Tiga menit berselang giliran Neymar yang membobol gawang Fernando Pacheco. Neymar mencetak golnya setelah menerima umpan sundulan dari Suarez. Skor 0-2 berakhir hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, kendali masih di kaki Barcelona. Buktinya Messi sudah membobol gawang tuan rumah pada menit 59, setelah berhasil mencuri bola dari bek Alaves di dalam kotak penalti.

Di menit 63 Barca merayakan gol keempat di laga itu, setelah bek Alaves, Alexis, tak sengaja menendang masuk bola ke gawang sendiri saat sedang berusaha merebut bola dari Messi.

Tiga menit kemudian, Rakitic membuat para pendukung tuan rumah terdiam saat ia mencetak gol kelima Barca. Menerima umpan tarik Suarez di dalam kotak penalti, ia mengoyak gawang Pocheco dengan tembakan kaki kanan yang keras.

Akhirnya di menit 68 Suarez menggenapkan koleksi gol Barca di laga itu menjadi setengah lusin, setelah ia menyambar bola muntah dari tangan Pocheco menjadi gol.

Hingga laga berakhir skor 0-6 tidak berubah.