Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann. [LEON KUEGELER / AFP]

Suara.com - Manchester United (MU) dikabarkan memproyesikan pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann sebagai pengganti manajer mereka yang memang tengah under pressure, Ole Gunnar Solskjaer.

Seperti diketahui, Ole kini sedang jadi sorotan setelah Man United terpuruk di peringkat ke-12 papan klasemen Liga Inggris 2019/2020, dari delapan matchweek yang telah berjalan.

Performa serta hasil buruk di laga demi laga membuat Man United kini terpaut 15 poin dari Liverpool yang kukuh bertengger di puncak klasemen sementara.

Dan yang lebih memalukan lagi, The Red Devils --julukan Man United-- hanya berjarak dua poin dari zona degradasi!

Sebagai catatan, Man United asuhan Ole resmi mencatatkan start terburuk klub di kompetisi top-flight Inggris dalam 30 tahun terakhir!

Seperti dilansir Sportsmail, manajemen Man United pun kini telah mengambil ancang-ancang untuk mendepak Ole, yang sejatinya merupakan legenda hidup klub yang bermarkas di Old Trafford tersebut.

Diklaim Sportsmail, Julian Nagelsmann pun dibidik untuk menjadi juru taktik anyar Man United.

Sebagai informasi, Nagelsmann adalah seorang pelatih muda yang dijuluki 'Baby Mourinho'. Usianya baru 32 tahun, bahkan lebih muda dari kapten Man United saat ini, Ashley Young (34 tahun).

Pelatih RB Leipzig, Julian Nagelsmann memberikan instruksi kepada pemainnya dari pinggir lapangan. [John MACDOUGALL / AFP]

Well, meski masih sangat muda untuk ukuran seorang pelatih, Nagelsmann bisa dibilang sudah cukup berpengalaman sebagai juru taktik, khususnya di kompetisi top-flight Jerman.

Sebelum menjadi pelatih Leipzig per Juni 2019 lalu, Nagelsmann sempat membawa Hoffenheim menjadi tim yang cukup disegani di Liga Jerman pada periode 2016-2019.

Sebagai informasi, Nagelsmann menjadi manajer termuda Bundesliga sepanjang sejarah saat ditunjuk menukangi Hoffenheim. Kala itu usianya baru 28 tahun.

Pria kelahiran Jerman Barat itu memang banting setir fokus menjadi pelatih, setelah harus pensiun dini sebagai pemain pada usia 20 tahun lantaran cedera.

Kariernya sebagai pelatih relatif melesat dengan cepat, tak ayal Nagelsmann pun mendapat julukan 'Baby Mourinho.'

Mengambil alih jabatan pelatih Hoffenheim pada Februari 2016, yakni pada paruh kedua musim 2015/2016, Nagelsmann berhasil menghindarkan Die Kraichgauer --julukan Hoffenheim-- dari jerat degradasi setelah sebelumnya sempat kritis.

Berlanjut ke musim 2016/2017 yang merupakan musim penuh pertama Nagelsmann bersama Hoffenheim, Die Kraichgauer secara fenomenal dibawanya finis di peringkat keempat klasemen Bundesliga.

Belum cukup sampai di situ, semusim berikutnya, yakni pada kampanye 2017/2018, Nagelsmann sukses membawa Hoffenheim finis di posisi ketiga Liga Jerman.

Ya, Nagelsmann adalah sosok yang berjasa membawa Hoffenheim tampil di babak fase grup Liga Champions pada musim 2018/2019, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah klub!

Karier manajerial Nagelsmann pun kembali meroket saat ia mengambil alih tampuk kepelatihan Leipzig pada Juni lalu.

Start apik dilakoni klub berjuluk Die Roten Bullen di Liga Jerman musim ini, di mana mereka kini ada di peringkat kelima klasemen dari tujuh spieltag yang telah dihelat, hanya terpaut dua poin dari Borussia Monchengladbach yang ada di puncak.

Well, perjuangan Man United untuk mendapatkan servis Nagelsmann sendiri nampaknya akan cukup berat, lantaran sang juru taktik masih terikat kontrak dengan Leipzig sampai 2023 mendatang.