Syaiful Rachman
Minggu, 01 Desember 2019 | 00:04 WIB
Pemain Liverpool Virgil van Dijk menjebol gawang Brighton and Hove dalam laga Liga Inggris yang berlangsung di Anfield, Sabtu (30/11/2019). [AFP]

Suara.com - Liverpool sukses mengamankan tiga poin di pekan ke-14 Liga Inggris. Menjamu Brighton and Hove Albion di Anfield, Sabtu (30/11/2019), Liverpool memetik kemenangan tipis 2-1.

Dengan tambahan tiga poin, Liverpool semakin kokoh di puncak klasemen dengan 40 poin. Unggul 11 poin dari Manchester City yang hanya mampu meraih hasil imbang di markas Newcastle United.

Tampil penuh percaya diri di depan ribuan pendukungnya, Liverpool mampu mendikte jalannya laga. Tercatat, Liverpool mendominasi penguasaan bola sebesar 57 persen.

Menekan sejak awal, Liverpool baru berhasil memecah kebuntuan di menit 18. Assist Trent Alexander-Arnold lewat tendangan bebas, tidak disia-siakan Virgil van Dijk yang melompat tinggi menanduk si kulit bundar.

Beberapa menit berselang, Sadio Mane nyaris menggandakan keunggulan The Reds. Namun sayang, kemelut yang terjadi di depan gawang berhasil diatasi oleh Matthew Ryan. Penjaga gawang asal Australia mampu membendung sepakan Mane dari jarak yang cukup dekat.

Namun aksi gemilang Ryan berakhir di menit 24. Sepakan penjuru yang dikirimkan Trent Alexander-Arnold, diteruskan van Dijk ke dalam gawang Brighton. Skor 2-0 untuk keunggulan Liverpool bertahan hingga turun minum.

Pemain Liverpool Virgil van Dijk menjebol gawang Brighton and Hove dalam laga Liga Inggris yang berlangsung di Anfield, Sabtu (30/11/2019). [AFP]

Dominasi Liverpool berlanjut di awal babak kedua. Namun, The Reds nyaris kecolongan di menit 54 setelah Dunk memenangkan duel di udara. Beruntung bagi tim tuan rumah, bola masih melebar tipis dari tiang gawang.

Di menit 74, Liverpool harus bermain dengan 10 pemain setelah Alisson Becker diusir wasit keluar lapangan. Alisson mendapat kartu merah karena sengaja menahan bola dengan tangannya di luar kotak penalti.

Keluarnya Alisson memaksa manajer Jurgen Klopp mengubah Strategi. Alhasil, Alex Oxlade Chamberlain ditarik keluar agar penjaga gawang nomor dua Liverpool, Adrian, bisa masuk.

Kalah jumlah pemain, Liverpool mulai tertekan. Memasuki menit 79, gawang The Reds akhirnya bergetar.

Adrian yang tengah sibuk mengatur pagar betis tak menyangka Dunk telah mendapat restu wasit untuk melepaskan tendangan bebas yang bersarang di gawangnya.

Meski demikian, hingga laga berakhir tim tamu gagal menambah gol. Skor 2-1 untuk kemenangan Liverpool bertahan hingga laga usai.

Read more...