Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Kamis, 27 Februari 2020 | 20:22 WIB
Pelatih Shin Tae-yong (kanan) memimpin latihan tim nasional sepak bola Indonesia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020) malam. Sebanyak 30 pesepak bola dari total 34 yang dipanggil mengikuti latihan perdana yang dipimpin Shin Tae-yong. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz

Suara.com - Manajer Persija Jakarta Bambang Pamungkas mengatakan manajer dan pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-yong tahu, mengerti apa yang harus dilakukannya untuk mengembangkan skuat Garuda.

Pemain yang akrab disapa Bepe itu mendukung Shin Tae-yong yang fokus kepada pemain muda. Tapi soal gaya melatih, Bepe enggan berkomentar.

"Rasanya saya tidak dalam posisi untuk dapat memberi masukan kepada Shin Tae-yong. Sebagai pelatih timnas tentu ia tahu apa yang harus dilakukan, menyangkut pemain-pemain muda kita," kata Bepe dalam rilis yang diterima suara.com.

Sejak ditunjuk untuk memimpin timnas Indonesia pada Desember tahun lalu, Shin Tae-yong memang sangat fokus dengan pemain muda. Ini terbukti saat pelatih berusia 50 tahun itu memimpin TC timnas senior Indonesia.

Bahkan di pemusatan latihan timnas senior, pelatih berusia 50 tahun itu mengikutsertakan sejumlah pemain muda. Seperti Alfeandra Dewangga, Irfan Jauhari, dan Pratama Arhan yang merupakan penggawa timnas Indonesia U-19.

Pelatih Shin Tae-yong (tengah) memimpin latihan tim nasional sepak bola Indonesia di Stadion Madya, kompleks Gelora Bung karno (GBK), Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020) malam. Sebanyak 30 pesepak bola dari total 34 yang dipanggil mengikuti latihan perdana yang dipimpin Shin Tae-yong. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nz

Belum lagi nama-nama yang biasa menghuni timnas Indonesia U-23. Seperti Nadeo Argawinata, Osvaldo Haay, Saddil Ramdani, Sani Rizki Fauzi, dan Febri Hariyadi.

Mereka dikombinasikan dengan pemain senior yang memang langganan timnas. Seperti Andritany Ardhiyasa, Irfan Bachdim, dan Ilija Spasojevic.

Pemanggilan pemain timnas Indonesia U-19 ke tim nasional bukan tanpa alasan. Shin Tae-yong ingin para pemain muda merasakan berlatih di level yang tinggi.

Para pemain timnas Indonesia U-19 tersebut memang tengah dipersiapkan untuk berlaga di Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada tahun 2021 mendatang.

Read more...