Reky Kalumata
Minggu, 02 Agustus 2020 | 07:06 WIB
Penyerang Lazio, Ciro Immobile, merayakan golnya ke gawang Sampdoria, dalam lanjutan laga Liga Italia Serie A, Sabtu (18/1/2020). [Alberto PIZZOLI / AFP]

Suara.com - Penyerang Lazio Ciro Immobile menyamai rekor gol terbanyak dalam semusim Liga Italia milik Gonzalo Higuain setelah dia mencetak gol ke-36 musim ini, Minggu (2/8/2020) dini hari WIB.

Immobile menjelang putaran terakhir Liga Italia musim ini dengan kondisi dirinya telah memastikan gelar sebagai top skor Liga Italia musin 2019/2020.

Pemain Italia berusia 30 tahun itu telah mengoleksi 35 gol menjelang pertandingan Lazio melawan Napoli, unggul empat gol atas bintang Juventus Cristiano Ronaldo.

Striker Lazio Ciro Immobile merayakan golnya ke gawang Brescia dalam laga Liga Italia di Olympico Stadium. Filippo MONTEFORTE / AFP

Keputusan pelatih Juve Maurizio Sarri untuk tidak memasukkan Ronaldo itu ke dalam skuat untuk pertandingan melawan AS Roma berarti posisi Immobile di posisi puncak daftar pencetak gol aman.

Catatan golnya bahkan sudah cukup untuk mengamankan gelar Sepatu Emas Eropa sebagai pemain tersubur di benua biru. Ia mengungguli penyerang Bayern Munich Robert Lewandowski yang mengemas 34 gol saat membawa tim Bavaria itu menjuarai Liga Jerman.

Namun Immobile tidak mau kehilangan kesempatan untuk mempertajam rekor golnya. Ia mengemas gol pada menit ke-22 di San Paolo untuk menyamakan kedudukan bagi Lazio.

Dengan gol itu ia total telah mengoleksi 36 gol dalam semusim, menambahi satu lagi pemain yang pernah mencapainya sepanjang sejarah Liga Italia.

Higuain mencatatkan rekor serupa pada musim 2015/2016 saat masih berseragam Napoli. Sebelumnya legenda Torino Gino Rossetti juga pernah mengukir 36 gol dalam semusim saat Liga Italia masih bernama Divisione Nazionale pada 1928/2929.

Catatan Immobile itu sepuluh gol lebih banyak dibanding pencetak gol terbanyak sebelumnya, Fabio Quagliarella, yang mengoleksi 26 gol untuk Sampdoria pada 2018/2019, demikian dimuat Antara.

Itu merupakan gelar pencetak gol terbanyak ketiga bagi Immobile, setelah pertama kali memenangi penghargaan serupa pada 2013/2014 saat masih berseragam Torino, serta saat berbagi gelar itu dengan penyerang Inter Milan Mauro Icardi pada 2017/2018.