Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Penyerang Barcelona Ousmane Dembele (kedua dari kanan) merayakan golnya yang akhirnya dianulir dalam laga menghadapi Osasuna di pekan ke-11 Liga Spanyol, di Camp Nou, Minggu (29/11/2020) waktu setempat. [LLUIS GENE / AFP]

Suara.com - Raksasa La Liga Barcelona akan melakoni laga tandang di matchday lima fase grup Liga Champions. Kamis (3/12/2020) dini hari WIB, Blaugrana akan menghadapi wakil Hungaria Ferencvaros.

Apapun hasil dari pertandingan ini, Barcelona yang mengantongi 12 poin dari empat pertandingan sudah dipastikan melaju ke babak 16 besar. Akan tetapi, tiga poin di matchday lima menjadi krusial bagi tim pimpinan Ronald Koeman mengingat Juventus berada di tempat kedua dengan sembilan poin.

Dengan dua laga tersisa, secara matematis, Barcelona akan keluar sebagai juara grup G jika berhasil memetik kemenangan di laga ini, dan Juventus tumbang di kandang Dynamo.

Atau, Barcelona meraih hasil imbang dan Juventus tumbang.

Baca Juga: Solskjaer Pastikan Cavani Siap Tampil Lawan Mantan

Aksi penyerang muda Barcelona, Ansu Fati saat membobol gawang Ferencvaros di ajang Liga Champions. (LLUIS GENE / AFP)

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit, mereka memiliki pemain dengan kualitas dan kecepatan terbaik. Pertahanan kami harus fokus," kata Koeman dalam jumpa pers jelang laga yang dikutip laman resmi UEFA.

"Kami perlu mengontrol permainan, menyerang dan melukai mereka dengan ruang apa pun yang dapat kami temukan. Mereka bermain bagus melawan Juventus, dengan barisan belakang yang disiplin."

"Hal terpenting adalah lolos ke babak berikutnya dan kami melakukannya di Kyiv. Ini Barca, yang mentalitasnya adalah memenangkan setiap pertandingan."

"Kami ingin finis di puncak grup dan kami memiliki tiga poin lebih banyak dari Juve tapi masih ada dua pertandingan untuk dimainkan."

Ferencvaros memang sudah tak mungkin lagi melaju ke babak 16 besar, mengingat mereka baru mengantongi satu poin dari empat laga. Namun, Ferencvaros masih punya peluang untuk merebut tempat ketiga dan tampil di babak 32 besar Liga Europa.

Baca Juga: Lampard Tantang Pemain Pelapis Chelsea Unjuk Gigi Lawan Sevilla

Meski menempati posisi juru kunci, poin yang dimiliki Ferencvaros sama dengan Dynamo. Dengan dua laga tersisa, keduanya diprediksi bakal tampil all out demi lanjut tampil di kancah Eropa, meski bermain di kompetisi kasta kedua benua biru.

Komentar