Bola / bola-dunia
Rauhanda Riyantama | Arif Budi
Gelandang Timnas Inggris, Raheem Sterling (tengah) terjatuh di kotak penalti usai dilanggar pemain belakang Timnas Denmark, Joakim Maehle dalam laga semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB. Laurence Griffiths / POOL / AFP.

Suara.com - Pertandingan Inggris vs Denmark di semifinal Euro 2020, Kamis (8/7/2021) dini hari WIB, diwarnai dengan dua momen kontroversi. Sebelum Inggris mendapatkan penalti, ada dua bola di dalam lapangan serta Sterling dianggap diving sehingga The Three Lions mendapatkan hadiah penalti.

Inggris vs Denmark berjalan ketat hingga berakhir imbang 1-1 di waktu normal 90 menit. Denmark awalnya mampu mencuri gol terlebih dulu lewat tendangan bebas Mikel Damsgaard.

Inggris kemudian membalas gol itu yang tercipta lewat inisiasi Bukayo Saka. Pemain muda Arsenal itu mengirim bola datar ke kotak penalti yang sudah ditunggu Sterling. Namun, Simon Kjaer malah mengubah arah bola ke gawangnya dan terjadi gol bunuh diri.

Di waktu nornal, laga berakhir imbang 1-1 dan diteruskan ke babak tambahan waktu. Nah, kontroversi kemenangan Inggris ini terjadi jelang berakhirnya babak pertama extra time, tepatnya sebelum Inggris mendapatkan penalti.

Baca Juga: Jakarta Sulit, TC Timnas Indonesia Siap Digelar di Kalimantan atau Sumatra

Saat Sterling mencoba melakukan inisiasi serangan, ada dua bola di atas lapangan. Satu bola sedang di kaki Sterling, sedangkan yang lainnya berada di pojok lapangan area Denmark.

Harusnya dengan adanya dua bola itu, laga bisa dihentikan sejenak. Akan tetapi, wasit tetap melannjutkan pertandingan. Baru setelah itu Sterling jatuh di kotak penalti Denmark dan Inggris dihadiahi tendangan penalti.

Penalti Inggris tersebut sarat akan kontroversi. Pasalnya, Sterling dinilai diving karena jatuh sendiri. Dari tayangan ulang Maehle mungkin melakukan kontak, tapi bisa dibilang minimal.

Baca Juga: PSSI Minta Ezra Walian Tingkatkan Ini Jika Ingin Perkuat Timnas Indonesia

Kendati demikian, wasit tetap menunjuk titik putih setelah ada tinjauan dari VAR yang memutuskan Sterling dilanggar oleh Maehle.

Komentar