Bola / bola-dunia
Rauhanda Riyantama
Lionel Messi kini berseragam Paris Saint-Germain. (Dok. PSG)

Suara.com - Pergerakan transfer Paris Saint-Germain begitu impresif di musim panas ini. Mereka mendatangkan empat pemain bintang melalui skema free transfer alias gratis.

Empat pemain tersebut adalah Lionel Messi, Gianluigi Donnarumma, Sergio Ramos, dan Georginio Wijnaldum. Cuma Donnarumma yang masih berusia 20-an tahun, tapi tiga pemain lain jelas bukan pemain sembarangan meski sudah berusia 30 tahun ke atas.

Les Parisiens memang harus memberikan komisi kepada masing-masing agen pemain, tetapi PSG tak perlu mengeluarkan duit sepeserpun untuk klub lama dari para pemain.

Empat pemain ini punya prestasi mentereng di klub lama mereka. Messi merupakan sosok vital untuk Barcelona yang sudah mengabdi di sana selama 21 tahun lamanya.

Baca Juga: Bakal Main Bareng Neymar dan Mbappe, Messi: Ini Gila!

Messi yang memulai debutnya di tim utama Barcelona pada 2004 telah meraih 35 gelar juara dengan mencetak 672 gol dari 778 pertandingan lintas ajang. Di sana pula, La Pulga meraih 6 trofi Ballon d'Or. 

Tak jauh berbeda dengan Messi, Sergio Ramos juga ikon bagi Real Madrid selama lebih dari 15 tahun ke belakang. Dia datang dari Sevilla dan tumbuh jadi pain besar di Bernabeu.

Tercatat Ramos berhasil meraih 22 trofi mayor bersama Los Blancos, 10 trofi di antaranya diraih ketika dia menjabat sebagai kapten.

Sementara Wijnaldum mendapat panggung besar ketika berkostum Liverpool. Di sana dia jadi sosok penting di balik keberhasilan The Reds menyabet trofi Liga Champions 2018/19 dan Premier League 2019/20.

Terakhir Donnarumma. Dia merupakan pemain asli binaan AC Milan dan sudah menjalani debut di tim utama sejak usia 16 tahun.

Baca Juga: Sedih Messi Tinggalkan Barcelona, Xavi Hernandez: Sulit Melihatnya Berseragam Klub Lain

Memang cuma satu gelar yang diraih Donnarumma selama berkostum Rossoneri yaitu Supercoppa Italiana 2016.

Komentar