Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski (kanan) melakukan selebrasi usai cetak gol lawan Barcelona dalam pertandingan pertama Grup E Liga Champions di Camp Nou, Barcelona pada 15 September 2021. ANTARA/AFP/LLUIS GENE

Suara.com - Pemain Bayern Munich Thomas Muller kembali jadi mimpi buruk Barcelona. Pemain berkebangsaan Jerman itu menyumbang satu gol dalam kemenangan Bayern Munich atas Barcelona di partai pertama Grup E Liga Champions.

Laga yang berlangsung di Camp Nou pada Rabu (15/9/2021) dini hari WIB, berakhir dengan kemenangan Die Roten 3-0.

Satu gol Muller ke gawang Marc-Andre Ter Stegen seolah menegaskan bahwa dirinya adalah mimpi buruk bagi Blaugrana. Dia menjadi pemain paling banyak membobol gawang Barcelona di Liga Champions sepanjang sejarah dengan 7 gol.

Pemain depan Bayern Munich Polandia Robert Lewandowski merayakan golnya dengan rekan satu timnya selama pertandingan sepak bola grup E putaran pertama Liga Champions antara Barcelona melawan Bayern Munich di stadion Camp Nou, Barcelona, Spanyol, Rabu (15/9) dini hari WIB. GEN LLUIS / AFP

Profil Thomas Muller

Baca Juga: Tumbang di Camp Nou, Ini Daftar Kekalahan Memalukan Barcelona dari Bayern Munich

Thomas Muller lahir pada 13 September 1989 di Weilheim in Oberbayern, Jerman. Ketika masih kecil, dia bergabung dengan akademi TSV Pahl.

Tujuh tahun di sana, Muller pergi ke Bayern Munich pada 2000 untuk bergabung dengan akademi The Bavarian.

Bakat Muller semakin terasah di Bayern. Dia bermain untuk tim U-19 Bayern dan mengantarkan tim menjadi runner-up di 2007.

Penampilan apiknya membuat pelatih Bayern di musim 2008/09, Jurgen Klinsmann, mempromosikan Muller ke tim utama.

Dia menjalani debut di tim utama pada 15 Agustus 2008. Di musim itu, dia hanya bermain sebanyak empat kali sebagai pemain pengganti.

Baca Juga: Prediksi Club Brugge vs PSG: Panggung Lionel Messi

Tapi di musim berikutnya, Muller menjadi pilihan utama untuk mengisi lini depan Die Roten.

Dia mentas 52 kali di semua ajang dengan koleksi 19 gol dan 16 assist. Padahal di musim 2009/10, Bayern sempat ingin meminjamkannya ke klub lain.

Penyerang Timnas Jerman, Thomas Muller (Mladen ANTONOV / AFP)

Kehadiran pelatih baru Louis van Gaal lah yang membuat posisi Muller di Bayern aman. Di musim itu pula, Muller meraih gelar Bundesliga pertamanya, plus trofi DFB-Pokal, dan DFL-Supercup.

Tercatat sudah 14 musim Thomas Muller membela Bayern di level senior. Dari belasan tahun itu, Muller sudah tampil 588 kali dengan 217 gol dan 220 assist.

Muller juga sukses secara prestasi. Dalam kabinet trofinya, dia memiliki 10 gelar Bundesliga, 6 DFB-Pokal, 2 gelar Liga Champions, Piala Super UEFA, dan Piala Dunia Antarklub.

Di level tim nasional, Muller menjalani debut di Timnas Jerman pada 2010. Thomas Muller sudah menorehkan 106 caps dengan koleksi 39 gol.

Piala Dunia 2010 menjadi ajang besar pertama yang diikuti Muller. Dia mampu membawa Jerman meraih peringkat ketiga, kemudian mengantarkan Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar