Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Hari Pertama TC Timnas U-18, Shin Tae-yong Tes Fisik Pemain di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (30/8/2021). [Dok. PSSI]

Suara.com - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyambut positif hasil drawing Piala AFF 2020. Juru taktik asal Korea Selatan tersebut menilai, satu grup dengan Vietnam dan Malaysia akan membuat persaingan menjadi lebih menarik.

Seperti diketahui, berdasarkan hasil drawing yang Piala AFF 2020 yang digelar secara virtual, Selasa (21/9/2021), timnas Indonesia tergabung di Grup B.

Selain Vietnam dan Malaysia, skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- akan melawan Kamboja serta Laos di Grup B. Adapun kejuaraan dua tahunan ini bakal bergulir pada 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong (kedua dari kanan) memberikan instruksi dalam latihan tim nasional Indonesia di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (7/5/2021). Timnas Indonesia akan menjalani tiga laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 yang seluruhnya berlangsung terpusat di Uni Emirat Arab (UEA) pada Juni 2021. ANTARA/HO-PSSI

"Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya karena mereka tim yang kuat," kata Shin Tae-yong dalam keterangan resminya, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Hasil Drawing Piala AFF 2020, Indonesia Satu Grup dengan Malaysia dan Vietnam

"Kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik," tambah mantan pelatih Timnas Korea Selatan tersebut.

Sekjen PSSI, Yunus Nusi memprediksi Grup B akan berjalan ketat. Pasalnya, diiisi tim kuat seperti Vietnam dan Malaysia.

Namun, Kamboja dan Laos tidak boleh diremehkan begitu saja. Yunus pun yakin Timnas Indonesia mampu lolos dari Grup B Piala AFF 2020.

"Kami yakin Indonesia dapat lolos ke fase selanjutnya dari penyisihan Grup B. PSSI tentu akan mempersiapkan tim nasional dengan baik dan dukungan penuh dari Pelatih Shin Tae-yong demi meraih prestasi di ajang tersebut," ujar Yunus Nusi.

Sekedar informasi, Timnas Indonesia belum sekalipun menjuarai Piala AFF. Prestasi terbaik tim Merah Putih adalah menjadi runner-up.

Baca Juga: Debut Panggilan Timnas Indonesia, Warganet Sandingkan Hari Nur Yulianto dengan Jamie Vardy

Tercatat, Timnas Indonesia sudah lima kali tampil di final namun hanya finis di peringkat kedua. Sementara Thailand adalah pengoleksi trofi paling banyak Piala AFF setelah lima kali juara.

Komentar