Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Pemain bintang Timnas Vietnam, Nguyen Tien Linh (kanan). [SONNY TUMBELAKA / AFP]

Suara.com - Timnas Vietnam menjadi salah satu lawan berat Timnas Indonesia di babak grup Piala AFF 2020 nanti. Anak asuh Park Hang-seo ini dikenal sebagai raja sepakbola di Asia Tenggara saat ini.

Drawing Piala AFF 2020 telah digelar pada Selasa (21/09/21) lalu, di mana Timnas Indonesia yang tergabung di Grup B akan bertemu dengan dua rival berat yakni Vietnam dan Malaysia.

Selain bertemu Vietnam dan Malaysia, skuad Timnas Senior Indonesia juga akan bertemu Kamboja dan Laos. Di atas kertas, hanya Vietnam dan Malaysia saja yang akan jadi batu sandungan skuad Garuda kelak.

Khusus untuk Vietnam, Timnas Indonesia punya catatan buruk dalam beberapa pertemuan terakhir. Teranyar, anak asuh Shin Tae-yong dibuat mati kutu dan tumbang dengan skor 0-4 di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Baca Juga: 3 Pemain 'Eropa' yang Bisa Dipanggil Timnas Indonesia untuk Juarai Piala AFF

Bisa dikatakan, Timnas Vietnam merupakan kekuatan sepak bola Asia Tenggara saat ini di mana Golden Star Warriors menembus 100 besar ranking FIFA dalam dua tahun terakhir.

Perjalanan Timnas Vietnam di Piala AFF

Perjalanan Timnas Vietnam di sepak bola Asia Tenggara bisa dikatakan gemilang. Sejak Piala AFF bergulir pada 1996, Golden Star Warriors secara konsisten mampu lolos ke babak semifinal.

Pada Piala AFF edisi pertama yakni 1996, Timnas Vietnam berstatus peringkat ketiga turnamen dan mampu mengalahkan Indonesia di perebutan tempat ketiga.

Di edisi selanjutnya pada tahun 1998, Timnas Vietnam yang menjadi tuan rumah mampu menjadi menembus final untuk pertama kalinya dalam sejarah sepak bola negeri Tanah Naga Biru itu dan menjadi Runner Up ajang 2 tahunan itu.

Baca Juga: Chelsea Butuh Adu Penalti untuk Singkirkan Villa, Tuchel: Rintangan yang Sangat Sulit

Dalam 12 edisi Piala AFF yang telah diselenggarakan, Timnas Vietnam hanya gagal menembus babak semifinal sebanyak 2 kali saja.

Meski demikian, gelar juara Piala AFF yang dimiliki Timnas Vietnam baru 2 gelar (2008 dan 2018) saja dan masih kalah dengan Timnas Thailand yang telah mengkoleksi 5 gelar.

Pada Piala AFF 2020 yang nantinya akan bergulir pada Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 mendatang, Timnas Vietnam pun diprediksi akan mempertahankan gelar Piala AFF yang telah diraihnya pada 2018 lalu.

Data dan Fakta Timnas Vietnam di Piala AFF 2020:

Tim Nasional: Vietnam

Julukan Timnas Vietnam: Golden Star Warriors, The Golden Dragons

Prestasi Terbaik Timnas Vietnam: Juara Piala AFF 2008 dan 2018

Keikutsertaan Timnas Vietnam di Piala AFF: 12 Kali (1996 hingga 2018)

Pemain Andalan Timnas Vietnam: Nguyen Tien Linh, Nguyen Quang Hai

Daftar Skuad Sementara Timnas Vietnam untuk Piala AFF 2020:

Kiper: Bui Tan Truong, Nguyen Van Toan, Dang Van Lam.

Bek: Bui Hoang Viet Anh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Nguyen Thanh Binh, Ho Tan Tai, Nguyen Thanh Chung, Vu Van Thanh, Tran Van Kien.

Gelandang: Luong Xuan Truong, Nguyen Phong Hong Duy, Nguyen Trong Hoang, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Pham Duc Huy, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc.

Penyerang: Nguyen Van Toan, Pham Tuan Hai, Ha Duc Chinh, Nguyen Tien Linh.

Pelatih: Park Hang-seo (Korea Selatan)

[Zulfikar Pamungkas]

Komentar