Bola / liga-spanyol
Syaiful Rachman
Pelatih sementara Barcelona Sergi Barjuan diperkenalkan kepada pers di Joan Gamper, Jumat (29/10/2021). [AFP]

Suara.com - Barcelona resmi menunjuk Sergi Barjuan sebagai caretaker atau pelatih sementara untuk mengisi kekosongan kursi pelatih yang ditinggalkan oleh Ronald Koeman.

Diberitakan sebelumnya, Ronald Koeman dipecat oleh Barcelona usai kalah dari Rayo Vallecano pada Kamis (28/10/2021) dini hari WIB.

Hasil tersebut memperpanjang tren negatif Barcelona yang membuat mereka terpuruk dengan berada di posisi kesembilan klasemen.

Pelatih sementara Barcelona Sergi Barjuan memimpin sesi latihan di Joan Gamper, Jumat (29/10/2021). [AFP]

Profil Sergi Barjuan

Baca Juga: Ditumbangkan Australia 1-0, Timnas Indonesia Kubur Mimpi Tampil di Piala Asia U-23

Sergi Barjuan, pelatih asal Spanyol, lahir pada 28 Desember 1971 di Les Franqueses. Dia merupakan sosok yang tidak asing bagi Barcelona.

Sederhananya, Barjuan bukan orang baru di Blaugrana. Dia sebelumnya merupakan mantan pemain Barcelona, dari tim junior hingga tim utama.

Barjuan merupakan produk akademi La Masia. Dia bergabung dengan tim junior Barcelona pada 1988.

Perjalanannya untuk menembus tim utama tidak mudah. Dia memulainya dari promosi ke tim Barcelona C dan akhirnya menembus Barcelona B pada musim 1992/93.

Barjuan, yang berposisi sebagai bek kiri saat masih aktif bermain, mencatatkan 42 penampilan dan mengemas 4 gol bersama Barcelona B di musim tersebut.

Baca Juga: Pep Guardiola: Xavi Siap Tukangi Barcelona

Akhirnya di musim selanjutnya, Sergi Barjuan dipromosikan ke tim utama oleh pelatih Barcelona saat itu, Johan Cruyff.

Pelatih sementara Barcelona Sergi Barjuan memimpin sesi latihan di Joan Gamper, Jumat (29/10/2021). [AFP]

Laga debut Barjuan bersama Barcelona terjadi pada 24 November 1993 di ajang Liga Champions. Berkat penampilan apiknya di laga tersebut, Barjuan pun selalu jadi pilihan utama Johan Cruyff di lini belakang.

Dia tidak pernah tampil kurang dari 31 pertandingan setiap musimnya hingga tahun 1999. Dia juga pernah bertandem dengan Ronald Koeman di lini belakang Barcelona sebelum Koeman hengkang pada 1995.

Selama mentas di tim utama Barcelona hingga musim 2001/02, Barjuan meraih 3 gelar Liga Spanyol, 2 trofi Copa del Rey, Piala Super Spanyol, Piala Winners, dan Piala Super UEFA.

Setelah dari Barcelona, Sergi Barjuan pindah ke Atletico Madrid dan pensiun setelah musim 2004/05. Setelah gantung sepatu, Barjuan tak langsung terjun ke dunia kepelatihan.

Dia baru memulai karier sebagai pelatih dengan menjadi pelatih Barcelona B pada 2009. Dia kemudian melanjutkan karier ke beberapa klub seperti Recreativo, Almeria, Real Mallorca, hingga Zhejiang Greentown.

Pada Juni 2021, Sergi Barjuan sebetulnya baru kembali ditunjuk menjadi pelatih Barcelona B. Roda hidup kemudian berputar cepat, 3 bulan berselang dia ditunjuk sebagai caretaker Barcelona.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar