Bola / liga-spanyol
Syaiful Rachman
Pelatih Al-Sadd, Xavi Hernandez, diarak para pemainnya setelah menjuarai Piala Qatar dengan mengalahkan Al-Duhail di partai final di Stadion Jassim Bin Hamad, Doha, Qatar, Jumat (17/1/2020). (ANTARA/AFP/Karim Jaafar)

Suara.com - Al-Sadd mengonfirmasi transfer Xavi Hernandez ke Barcelona sebagai pelatih baru untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat akhir bulan lalu.

Beberapa hari belakangan, petinggi Barcelona terbang ke Qatar untuk berbicara dengan pihak Al-Sadd dalam upaya mereka memulangkan Xavi Hernandez ke Camp Nou. Xavi akan mengambil alih posisi Sergi Barjuan, yang saat ini ditunjuk sebagai pelatih sementara.

Al Sadd dalam sebuah pernyataan resmi mereka, mengumumkan telah mencapai kesepakatan dengan Barcelona.

Pelatih Al Sadd SC, Xavi Hernandez. [AFP]

"Manajemen klub telah menyetujui transfer Xavi ke Barcelona setelah pembayaran nilai klausul rilis yang ditetapkan dalam kontraknya," di situs resmi klub Qatar tersebut, yang dikutip Goal pada Jumat (5/11/2021).

Baca Juga: Batal Digelar di Jawa Timur, Seri 3 BRI Liga 1 Tetap di Jawa Tengah dan Yogyakarta

"Xavi dianggap sebagai bagian penting dari sejarah kami dan kami berharap dia sukses di masa depan."

Pelatih berusia 41 tahun tersebut dianggap sebagai salah satu pemain paling sukses dalam sejarah Barcelona, setelah memenangkan 25 trofi di Camp Nou antara 1997 sampai 2015, termasuk delapan gelar La Liga dan Liga Champions.

Pemain asal Spanyol itu membukukan 767 penampilan untuk klub, rekor yang hanya bisa dilampaui oleh Lionel Messi. Dia juga menyumbang 85 gol dan 185 assist untuk klub Katalunya tersebut.

Xavi meninggalkan Barcelona dan bergabung ke Al Sadd pada 2015. Dia gantung sepatu empat tahun kemudian sebelum menjadi pelatih permanen klub tersebut dan sukses mempersembahkan gelar liga di musim keduanya sebagai pelatih.

Setelah itu, di bawah kepemimpinan Xavi, Al Sadd memenangkan lima trofi. [Antara]

Baca Juga: Bergabung dengan PSG, Michael Owen Sebut Lionel Messi Pindah ke Liga Lemah

Komentar