Bola / liga-spanyol
Rauhanda Riyantama | Arif Budi
Xavi Hernandez diperkenalkan secara resmi sebagai pelatih baru Barcelona. Perkenalan tersebut digelar di Camp Nou, Senin (8/11/2021). [AFP]

Suara.com - Meski sudah lama pensiun, skill Xavi Hernandez ternyata tak luntur. Terbukti saat memimpin sesi latihan Barcelona, ia memperlihatkan umpan apik ketika melatih anak asuhnya.

Melalui akun Twitter resminya, Barcelona membagikan cuplikan sesi latihan pada Jumat (12/11/2021). Dalam latihan tersebut, terlihat Xavi turun langsung untuk melakukan tugasnya.

Nah, Xavi yang turun langsung ke lapangan terlihat melayani para pemainnya dengan umpan-umpan apik. Dari sisi lapangan, dia mengirim bola ke kotak penalti yang disambut oleh para pemain Barcelona.

Sontak unggahan tersebut membuat para netizen terkesan. Meski sudah pensiun dari pemain profesional, pelatih berusia 41 tahun itu masih punya sentuhan apik mengirimkan umpan.

Baca Juga: Media Prancis Klaim Lionel Messi dan Sergio Ramos Tidak Akur di PSG

Semasa masih berkarier sebagai pemain profesional, Xavi memang dikenal sebagai pengatur lini tengah. Umpan-umpan matangnya kerap diselesaikan dengan mudah oleh rekan setimnya menjadi gol.

Dari catatan Transfermarkt, Xavi sendiri punya torehan apik di nomor assist. Pelatih berpasport Spanyol ini telah mengoleksi 213 assists selama berkarier sebagai pesepak bola.

Kedatangan Xavi menggantikan Ronald Koeman di Barcelona juga mendapatkan sorotan tinggi. Pria yang sebelumnya melatih klub Qatar ini punya beban berat untuk mengembalikan performa Blaugrana yang merosot.

Ujian pertama Xavi sebagai pelatih Barcelona akan terjadi pada pertandingan La Liga pekan ke-13. Anak asuhnya bakal berhadapan dengan klub rival Espanyol pada 21 November mendatang.

Baca Juga: Profil Dani Alves, Bek Veteran yang Pulang ke Barcelona

Saat ini Barcelona bisa dibilang terpuruk. Pasalnya Sergio Busquets dkk hanya mampu menempati posisi ke-9 klasemen sementara La Liga Spanyol dengan koleksi 17 poin dari 12 pertandingan yang sudah dilakoni.

Komentar