Bola / bola-dunia
Bangun Santoso
Penyerang Napoli asal Belgia, Dries Mertens (kiri) melakukan selebrasi dengan rekan satu timnya setelah mencetak gol guna membawa Partenopei unggul 1-2 dalam pmatchday keempat Grup C Liga Europa antara Legia Warsaw vs Napoli di Warsawa pada Jumat (5/11/2021). JANEK SKARZYNSKI / AFP.

Suara.com - Belgia mengunci tiket putaran final Piala Dunia 2022, sementara Wales menjaga peluang masuk playoff setelah keduanya memenangkan pertandingan Grup E kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa.

Menjamu Estonia di Stadion King Baoudoin, Brussels, Minggu (14/11/2021), dini hari WIB, Belgia menang 3-1 atas tamunya tersebut.

Christian Benteke yang mendapat kesempatan tampil sebagai ujung tombak serangan Belgia di tengah krisis cedera lini depan membayar lunas kepercayaan dengan membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-11.

Kendati terus mendominasi permainan, Belgia baru bisa menggandakan keunggulan pada menit ke-53 lewat tembakan jarak jauh Yannick Carrasco yang menyelesaikan bola sodoran Benteke.

Baca Juga: Gulung Kazakhstan 8-0, Prancis Lolos Piala Dunia 2022

Estonia sempat membalas pada menit ke-70 melalui Erik Sorga yang menyambar bola muntah hasil tembakan Rauno Sappinen, tetapi empat menit berselang Thorgan Hazard memulihkan keunggulan dua gol Belgia yang bertahan hingga bubaran.

Kemenangan memastikan Belgia menjadi juara Grup E dengan mengumpulkan 19 poin, sedangkan Estonia tertahan peringkat keempat dengan empat poin.

Mengutip laman UEFA, dalam pertandingan lain yang berlangsung bersamaan di Cardiff, tuan rumah Wales menang besar 5-1 saat menjamu juru kunci Belarus.

Aaron Ramsey mengemas dua gol kemenangan Wales yang dilengkapi gol-gol Neco Williams, Ben Davies dan Connor Roberts, sementara tim tamu hanya bisa membalas sekali lewat Artyom Kantsavy.

Wales naik ke posisi kedua Grup E dengan 14 poin, unggul tiga poin atas Republik Ceko.

Baca Juga: Prediksi Belgia vs Estonia di Kualifikasi Piala Dunia 2022, 14 November 2021

Pertandingan terakhir Grup E akan berlangsung Selasa lusa ketika Wales menjamu Belgia dan Ceko bertemu Estonia. Hasil imbang sudah cukup bagi Wales untuk memastikan posisi runner-up.

Komentar